Tuesday, March 28, 2017

Memilih Tabungan Anak Yang Terbaik Untuk Masa Depan

Memilih tabungan anak yang paling baik untuk hari esok sangatlah penting. Biaya pendidikan yang semakin mahal membuat orang tua harus pandai menabung demi sang anak. Kebanyakan orang lebih suka membuatkan buku tabungan anak daripada ikut asuransi karena setorannya yang cukup mahal. Cukup dengan menyisihkan 100 ribu/ bulan, 200 ribu/ bulan, dan atau diatasnya cukup membantu meringankan biaya pendidikan anak di hari esok.

Bayangkan saja bila sekarang anak Anda masih berumur 1 tahun, bila bisa menyisihkan 300 ribu/ bulan untuk ditabung maka 16 tahun yang akan datang jadi 57 juta 600 ribu, hems cukup besar bukan? itu belum termasuk bunganya.

Memilih tabungan untuk anak susah-susah gampang, Anda harus membandingkan produk yang ditawarkan oleh beberapa bank. Informasinya dapat diperoleh dengan berkunjung langsung ke kantor bank terdekat dan atau secara online dengan googling. Oleh karena itu Admin berbagi informasi bank apa saja yang memiliki tabungan anak terbaik. Berikut ini penjelasannya.

Tabungan Anak Terbaik Untuk Masa Depan

#1. Tabungan BRI Junio
Tabungan BRI Junio adalah tabungan BRI yang dikhususkan untuk anak-anak, baik untuk anak yang berusia dibawah 17 tahun, maupun diatas 17 tahun. Tabungan BRI junio ini memiliki kelebihan yang sangat istimewa seperti:
1. Transaksi real time online
2. Kemudahan transaksi di lebih dari 9.500 Unit Kerja BRI dan 15.000 ATM BRI seluruh Indonesia.
3. Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000
4. Bunga tabungan yang kompetitif
5. Kartu ATM dan buku tabungan berkarakter khusus seperti Superman, Tom and Jerry dan Tweety.
Fasilitas Britama Junio terbilang sangat kumplit dari mulai SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking dan SMS Notifikasi. Selain itu Britama Junio juga menyediakan fasilitas tabungan perencana serta transaksi otomatis yang meliputi:
1. Automatic Fund Transfer (AFT), Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya di BRI pada tanggal tertentu yang ditetapkan nasabah.
2. Account Sweep, Fasilitas untuk mentransfer dana dari Tabungan BRI BritAma ke rekening lainnya secara otomatis, yang sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.
3. Automatic Grab Fund (AGF)Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana Tabungan BRI BritAma secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman Bank.
Adapun persyaratan pembuatan tabungan BRI Junio dibagi menjadi 2 bagian, yaitu persyaratan untuk anak dibawah 17 tahun dan persyaratan untuk anak diatas 17 tahun.

Persyaratan pembukaan tabungan anak BRI Junio usia dibawah 17 tahun
1. Orang tua memiliki rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening di BRI dapat melakukan pembukaan rekening Tabungan BRI BritAma/Simpedes terlebih dahulu
2. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
3. Kartu Keluarga/Akte Kelahiran
4. Setoran awal Tabungan BRI Junio sebesar Rp 250.000.

Persyaratan pembukaan tabungan anak BRI Junio usia diatas 17 tahun
1. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening.
2. Identitas diri:
WNI: Kartu Tanda Penduduk (KTP)
WNA: Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
3. Setoran awal Tabungan BRI Junio sebesar Rp 300.000.

#2. BNI Taplus Anak
BNI Taplus Anak merupakan produk tabungan untuk anak dari Bank Negara Indonesia (BNI). Tabungan ini dikhususkan untuk anak berusia maksimal 17 tahun. BNI Taplus Anak memiliki kelebihan seperti:
1. Tercetak (tertulis) nama anak sendiri pada buku tabungan
2. Memberikan kesempatan kepada Anak untuk belajar melakukan transaksi sendiri di ATM, belanja, BNI SMS Banking serta di teller
3. Adanya notifikasi SMS kepada orang tua setiap anak melakukan transaksi
4. Bebas biaya pengelolaan rekening
5. Promo merchant.

Adapun syarat pembuatan tabungan BNI taplus anak adalah
1. Mengisi Formulir Aplikasi Data Nasabah (CIF) Perorangan dan Formulir Pembukaan Rekening yang ditandatangani oleh anak
2. Melampirkan Kartu Pelajar atau paspor atau copy akte kelahiran
3. Melampirkan Kartu Keluarga (bila tidak tinggal serumah dengan orang tua)
4. Membubuhkan tanda tangan anak pada buku tabungan
5. Setoran awal Rp 100.000 dan Setoran Selanjutnya Rp10.000.

Disamping syarat diatas, orang tua anak juga harus sudah memiliki rekening tabungan BNI dan mengisi formulir persetujuan pembukaan rekening dan pelaksanaan transaksi dengan materai yang ditandatangani oleh orang tua

#3 Tabungan Junior CIMB Niaga
CIMB Niaga menawarkan produk Tabungan Junior bagi anda atau anak anda dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1. Bebas biaya administrasi bulanan tabungan dan kartu debit
2. Bunga kompetitif
3. Mendapatkan Poin Junior yaitu program loyalitas untuk nasabah individu CIMB Niaga khususnya tabungan junior yang meningkatkan dan mengendapkan saldo tabungan dan melakukan transaksi kartu debit Junior
4. Saldo rata-rata bulanan < Rp 1.000.000,- dikenakan biaya Rp 5.000
5. Desain kartu ATM yang unik dengan gambar kartun SpongeBob Squarepants.

Syarat pembukaan tabungan CIMB Niaga Junior adalah
1. Mengisi formulir pembukaan rekening
2. Menyerahkan copy akte kelahiran
3. Menyerahkan copy identitas orang tua/wali.

#4 Tabungan BII Superkidz iB
Bank Internasional Indonesia (BII) atau yang akhir-akhir ini berubah nama menjadi Maybank juga menawarkan produk tabungan khusus untuk anak bernama BII Superkidz iB. Tabungan anak BII Superkidz iB memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
1. Desain kartu atm yang menarik dengan desain Barbie TM dan Hot Wheels TM
2. Bebas biaya administrasi
3. Kado tahun baru berupa tambahan bagi hasil dari setiap penambahan saldo rata-rata bulanan dibandingkan dengan bulan sebelumnya
4. Program istimewa selama masa promosi.

Adapun persyaratan pembuatan tabungan anak BII Superkidz iB adalah
1. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
2. Kartu identitas orang tua/wali yang masih berlaku
3. Akte kelahiran anak yang berlaku.

#5. BNI Syariah Tabungan Anak (Tabungan iB Tunas Hasanah)
Syariah yang diperuntukkan bagi anak-anak dan pelajar. Tabungan ini sangat cocok bagi orang tua yang ingin mengajarkan anak untuk menabung sesuai dengan prinsip-prinsip syariah melalui akad wadiah (titipan).

Tabungan iB Tunas Hasanah memiliki banyak kelebihan, diantaranya
1. Nama anak tertulis pada buku tabungan dan kartu ATM/debit (Tunas Card)
2. SMS notifikasi ke handphone orang tua
3. Dapat menerima dana secara otomatis dari rekening tabungan orang tua
4. Fasilitas ATM, SMS Banking, Phone Banking dan Internet Bangking
5. Desain kartu ATM yang menarik
6. Bebas biaya pengelolaan rekening tabungan.

Berikut adalah syarat pembukaan BNI Syariah Tabungan Anak (Tabungan iB Tunas Hasanah)
1. Kartu Pelajar/Paspor/Akte Kelahiran.
2. Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor) Orang Tua/Wali
3. Kartu Keluarga (bila tidak serumah dengan orangtua/wali)
4. Setoran awal minimal Rp 100,000,-

Kriteria Tabungan Anak Terbaik
Sebelum bisa memilih tabungan anak yang terbaik, Anda harus mengetahui kriteria apa saja yang bisa membuat sebuah tabungan anak menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah kriteria tabungan anak terbaik yang harus Anda ketahui.

1. Jumlah Setoran Awal Kecil
Layaknya membuka tabungan pada umumnya, ketika membuka tabungan anak, bank akan meminta sejumlah uang yang akan menjadi setoran awal. Jumlah setoran awal yang diminta umumnya pasti lebih kecil dari tabungan biasa, namun setiap bank memiliki perbedaan besaran setoran awal. Pilihlah bank yang meminta setoran awal dengan jumlah terkecil. Hal ini bertujuan agar setoran awal itu bisa dipenuhi dengan uang tabungan sang anak sendiri sehingga membuat mereka merasa bangga memiliki tabungan itu sendiri.

2. Jumlah Saldo Minimum
Ada beberapa bank yang menetapkan berapa jumlah saldo minimum yang harus ada di tabungan dan ada juga yang tidak. Jadi sebaiknya Anda cari tahu tentang hal ini lebih lanjut supaya tidak salah langkah dan merugi. Biasanya bank yang memiliki ketetapan jumlah saldo minimum akan menagih biaya jika jumlah saldo anak Anda ada di bawah jumlah saldo minimum yang sudah ditetapkan oleh bank.

3. Persyaratan Pengajuan Mudah
Sebelum membuka tabungan anak, Anda akan diminta untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Lebih baik pilih bank yang memiliki persyaratan pengajuan mudah, tujuannya untuk memudahkan Anda saja. Jika proses pengajuannya mudah, jadi Anda tidak perlu repot lagi. Biasanya persyaratan pengajuan yang diminta oleh bank adalah KTP orang tua, akte kelahiran anak, dan umur sang anak saat itu. Proses pembukaan rekening tabungan anak akan semakin mudah jika Anda sudah memiliki rekening di bank yang sama sehingga Anda tidak perlu membuka rekening baru.

4. Buku Tabungan Atas Nama Anak
Seperti biasa, setelah memiliki rekening tabungan maka bank akan memberikan buku tabungan. Yang harus Anda perhatikan adalah atas nama siapakah buku tabungan itu. Sebenarnya hal ini tidak berpengaruh pada tabungannya, tapi jika buku tabungan tersebut diatas namakan anak Anda, itu akan menumbuhkan rasa bangga dan senang yang akhirnya berdampak pada kerajinan mereka dalam menabung.

5. Mendapatkan Kartu ATM
Dalam tabungan anak di beberapa bank ada yang memberikan kartu ATM dan ada juga yang tidak. Lebih baik Anda memilih bank yang memberikan kartu ATM. Hal ini tujuannya hampir sama dengan buku tabungan atas nama anak, yaitu untuk menumbuhkan rasa bangga sehingga akhirnya sering menabung.

6. Desain Kartu Menarik
Desain kartu ATM yang lucu akan lebih menarik bagi anak-anak. Terlebih lagi jika nama sang anak bisa tertera pada kartu ATM itu. Mereka bisa semakin bangga karena memiliki tabungan atas nama sendiri dan desain yang menarik. Secara tidak langsung, desain kartu menarik dan nama anak di kartu ATM akan memotivasi anak untuk rajin menabung.

7. Biaya lain-lain
Hal ini sangat perlu Anda ketahui sebelum membuka rekening, karena biaya tabungan ini akan berdampak pada pengurangan jumlah tabungan anak Anda dan bisa mengurangi minat mereka untuk menabung. Ada beberapa biaya lain-lain yang harus Anda ketahui dalam tabungan anak, seperti biaya penutupan rekening, biaya minimal saldo, dan biaya administrasi. Namun kabar baiknya adalah ada juga bank yang tidak mengenakan biaya-biaya tersebut sama sekali. Jadi hal ini wajib Anda pertimbangkan sebelum membuka rekening. Semakin kecil atau bahkan jika tidak ada biaya, maka akan semakin baik.

8. Memiliki Promo Menarik
Beberapa bank memberikan promo-promo yang menarik dalam tabungan anak. Seperti diskon di tenant anak-anak, mendapat hadiah langsung, dan tambahan bunga. Sebaiknya Anda memilih tabungan anak yang memberikan banyak promo menarik supaya semakin memotivasi anak Anda agar rajin menabung.

9. Memiliki Point Reward
Tidak semua tabungan anak memiliki point reward, namun hal ini juga layak Anda pertimbangkan karena dengan adanya point reward, anak bisa lebih rajin menabung. Point reward biasanya bisa didapat jika sering menabung dan bisa ditukarkan dengan mainan atau souvenir anak lainnya karena inilah mereka jadi memiliki tujuan yang semakin membuat mereka rajin.

10. Bunga Tabungan Tinggi
Bunga di tabungan anak memang lebih kecil dari tabungan biasa, tapi setiap bank memiliki bunga tabungan yang berbeda-beda, bisa jadi lebih tinggi daripada yang lain. Semakin tinggi bunga tabungan, semakin baik, karena sang anak bisa lebih merasakan manfaat dari kerajinan menabungnya selama ini.

11. Memiliki Fitur Tambahan Yang Memudahkan
Pastinya Anda selalu ingin memberikan yang terbaik pada anak. Fitur tambahan berikut ini akan membantu Anda dalam menentukan rekening tabungan anak yang terbaik.

Mendapatkan Asuransi
Beberapa tabungan anak ada yang langsung memberikan fasilitas asuransi kepada pemilik rekening. Tentunya hal ini akan menguntungkan karena anak Anda jadi terproteksi dengan asuransi.

Punya Fasilitas Mobile atau Internet Banking
Akses yang mudah dalam memantau tabungan akan menambah minat anak Anda untuk menabung, tentunya dengan mobile atau internet banking, mereka bisa mengecek saldo dan lainnya dimana saja, kapan saja.

Fasilitas Automatic Fund Transfer (ATF)
Fasilitas ini berguna untuk mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya secara otomatis per tanggal yang sudah ditentukan.

Fasilitas Account Sweep
Fasilitas untuk mentransfer dari satu tabungan ke rekening lain secara otomatis, sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang telah ditetapkan nasabah.

Fasilitas Automatic Grab Fund
Fasilitas Automatic Grab fund berfungsi untuk menarik dana tabungan secara otomatis oleh satu rekening tertentu.

Memiliki Program Kolektif
Nasabah akan mendapatkan fee kolektor per rekening baru dan fee tambahan setiap penabungan lanjutan.

Tersedia Pilihan Mata Uang Asing
Memberikan pilihan mata uang selain IDR, sehingga memudahkan ketika akan ditukar ke mata uang asing.

Orang Tua Mendapat SMS Notifikasi
Fitur ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memantau tabungan anak Anda. Setiap ada transaksi, Anda akan mendapatkan sms notifikasi dari bank.


EmoticonEmoticon