Tuesday, March 14, 2017

Merek AC Yang Awet dan Tidak Gampang Rusak

Sekarang ini suhu bumi semakin panas terutama di daerah perkotaan dan daerah tepi pantai. Efek pemanasan global dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan rumah kaca membuat temperatur suhu makin panas. Untuk itu kebutuhan akan pendingin udara mulai tinggi, penggunaan kipas angin diraca kurang mencukupi melainkan AC (Air Conditioner).

Bagi Anda yang hendak memutuskan membeli AC pasti dipusingkan oleh banyaknya varian AC dari berbagai merek. Untuk itu Admin memandu Anda memilih AC yang awet dan tidak cepat rusak. Informasi ini dikumpulkan dari berbagai sumber baik wawancara langsung dengan tetangga yang memiliki AC merek berbeda serta review dan komentar tentang produk AC di internet.

Tiap tahunnya tarif listrik naik, oleh karena itu pilihnya produk AC yang hemat daya. Sebenarnya AC itu bukan hanya mengeluarkan udara dingin, ada juga AC yang mengeluarkan hawa panas. AC jenis ini ditemukan di daerah dingin seperti Ruteng, Nusa Tenggara Timur.

# Merek AC Yang Awet dan Tidak Gampang Rusak

1. Daikin
AC inverter daikin adalah yang paling bagus, memang harga awalnya mahal tapi penghematan listriknya signifikan. Daikin memang lebih kuat secara fisik dan komponennya. Dan dalam urusan besar BTUnya juga tidak mencuri-curi, misalnya 1 PK itu standardnya 9000 BTU, tapi kalau merk lain bisa dibawah itu. Daikin tidak sering ganti model, jadi spare part lebih terjamin.

Kalau soal kenyamanan sih nyaman banget, suaranya halus banget, hampir tidak terdengar. Dinginnya mantaf tidak menusuk tulang, suhunya presisi & merata, listrik irit, suara paling hening, kualitas bagus dengan desain sederhana, juga tahan lama. After sales servicenya juga baik. Memang harga ga pernah bohong.

2. Sharp (Sayonara panas - Inverter/ low watt - Plasmacluster)
Plasmacluster, dingin, udara yg keluar tidak sekering AC biasa , udara sejuk tapi tidak membuat menggigil, lebih nyaman buat pernapasan, plus menghilangkan bau APAPUN di udara, mulai dari asap rokok sampai bau busuk dan keringat.

Kekurangannya Sharp itu mendinginkan ruangannya lama dan tidak terlalu dingin (kurang nyesss). Memang cenderung bukan dingin tapi sejuk ala pegunungan. Cocok untuk bayi, anak kecil dan orang tua. Sejuknya merata, semburan anginnya juga kenceng banget meski fan diatur kecil. Tapi enaknya kalau tidur di bawah AC tidak bakalan kena sembur anginnya karena bisa diatur mendatar arah anginnya.

Suara outdoor pada sharp agak sedikit berisik daripada panasonic. Ada suara riggg jadi sebaiknya taruh outdoornya di atas dek/cor atau tempat yang jauh dari jangkauan telinga. Berdasar pengalaman pengguna, produk elektronik jepang lebih awet daripada korea. Sharp after sales servicenya juga bagus.

Untuk menambah kenyamanan konsumen, Sayonara Panas V memiliki fitur Powerful Jetstream dan Coanda Airflow (diaktifkan secara manual menggunakan remote). Powerful Jetstream dapat mendinginkan dan memberikan kesejukan seketika dari cuaca panas atau sehabis olahraga. Coanda Airflow menghantarkan hembusan angin ke atas dengan memanfaatkan dinding atas ruangan, sehingga udara bergerak turun secara lembut. Fitur ini sangat cocok bagi orang tua, ibu hamil, dan juga balita. Nyaman untuk kamar tidur.

Filter Sign, sensor yang memberikan tanda untuk membersihkan filter yang terdapat pada AC (Counter Sensor 200 hours), dan Self Cleaning, mengeringkan indoor evaporator yang menghambat pertumbuhan jamur sehingga menghilangkan bau (diaktifkan secara manual menggunakan remote). Fitur unik lainnya yaitu Super Jetstream, mampu secara instan menghantarkan udara dingin ke dalam ruangan dan suhu tubuh konsumen.

Soal fitur, memang sharp paling banyak dan bagus. Plasmacluster lebih mantap kayaknya dari teknologi panasonic, tapi jika sharp udaranya tidak sedingin Panasonic (kurang menggigit dinginnya dan agak lama dinginnya). Jadi kalau Anda ingin yang dingin, sebaiknya pertimbangkan merek yang lain. Tapi sekali lagi, pengalaman dan perasaan masing-masing orang tidaklah sama, ada yang bilang dingin, ada pula yang tidak terasa sama sekali dinginnya, ada pula yang terpaksa harus menghidupkan kipas biasa karena sudah tidak tahan panasnya (faktornya juga banyak sekali).

3. Panasonic (Dulu namanya National)

Panasonic lebih kuat dan bandel (mungkin lebih tepatnya panasonic produksi di bawah tahun 2005, tapi tidak tahu lagi kalau yang produksi sekarang). Suaranya lebih halus dan keluarnya angin juga lebih lembut. Suara tidak berisik dan cepat dingin. Cuma harganya lumayan mahal

4. Mitsubitshi

Terdapat 2 perusahaan dengan merk Mitsubishi di Indonesia, tapi jangan salah Mitsubishi Electric dan Mitsubishi Heavy Industries adalah 2 perusahaan dengan manajemen yang berbeda, direksi yang berbeda serta lini produk yang juga berbeda. Keduanya juga memiliki varian produk AC yang memiliki keunggulan masing- masing.

Mitsubishi Heavy Industries merupakan merk dari PT. Berkat Graha trading sempat mengenalkan AC tipe CMP yang diklaimnya sebagai AC dengan indoor paling kecil di dunia. Sehingga tipe ini cocok sekali dengan desainnya yang mungil untuk ditempatkan di ruangan yang tidak memiliki banyak space kosong.

Tipe baru dari Mitsubishi Heavy Industries sudah mulai beralih ke freon yang lebih ramah lingkungan yaitu tipe R-410a, karena tidak merusak ozon. Lini produk yang lain yakni tipe Deluxe dan Inverter juga tersedia.

Mitsubishi Electric hadir di Indonesia memperkenalkan lini produknya yang diklaim berkualitas tinggi, dengan suku cadang yang terpilih untuk menghadirkan produk terbaik kualitas Jepang. Baru - baru ini Mitsubishi Electric membangun pabriknya yang besar di Thailand sebagai pusat penyedia unit AC untuk kawasan asia, dengan nilai investasi lebih dari 400 juta Bath untuk membangun kompleks industri sebesar 7.000 meter persegi.

Agar pertumbuhan lini Air Conditioningnya semakin pesat, Mitsubishi Electric juga kemudian mengakuisisi 75% saham dari perusahaan AC Italia DeLclima demi meningkatkan pertumbuhan AC Commercialnya dan lini produk Chiller.

5. LG
AC LG hercules mini dayanya bisa turun hingga 260watt jika suhu sudah tercapai. Tapi banyak yang bilang kalau LG berisik.

Dari kelima merek di atas, adakah yang cocok sesuai kebutuhan Anda?

Untuk kantor atau ruangan yang besar, banyak yang menyarankan untuk menggunakan Daikin. Tapi untuk kamar tidur, banyak yang menyarankan untuk menggunakan Sharp Sayonara panas inverter with plasmacluster.

# Perhatian (Pahami)
Perlu diingat bahwa tidak ada AC yang dapat memenuhi semua elemen yang ideal. Misalnya:

Hemat energi, lihat berapa watt atau Ampher-nya (arus/current) bandingkan dengan BTU-nya. Logikanya watt semakin kecil semakin bagus, tapi BTU semakin gede semakin bagus, ada hubungannya dengan cepat dingin. Tapi kenyataannya tidak akan bisa menemukan watt kecil tapi bisa mengeluarkan BTU yang besar, karena ini berbanding lurus. Kalau ingin cepat dingin, ya ambil yang watt besar (PK besar). Maka perlu di lihat berapa besar ruangan, bila ruangan cuma 3×3 meter mau pakai 1PK maka menurut saya akan cepat dingin dan hemat, beda dengan menggunakan 1/2 PK, karena pada 1 PK mencapai dingin ruangan yg diharapkan bisa lebih cepat. Dengan cepatnya suhu ruangan tercapai, maka outdoor akan tidak bekerja. AC boros listrik kalau outdoor jalan terus.

Masalah berisik, AC yg berisik itu outdorr nya, jadi yang komplain biasanya tetangga sebelah rumah. Jadi tidak penting sekali aspek berisik masuk dalam daftar Anda, toh juga kita ga kedengaran dari dalam. Kalau AC indoor nya berisik, berarti ada klem yang lepas.

Tidak gampang rusak, mau berapa tahun? AC yang rusak kalau indoor paling cuma resistornya doang, atau paling parah adalah kompresornya.

# Tips Memilih AC Yang Baik
Salah memilih merk AC terbaik justru bisa merugikan diri sendiri . AC berisik, pemakaian listrik yang melonjak, mudah rusak dan gangguan  pernapasan bisa dialami bila AC yang dipilih kurang bagus Waspadai pula AC yang tidak bergaransi. Jika terjadi kerusakan, tidak ada yang mempertanggung jawabkan AC.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli merk AC terbaik adalah besaran listrik pada AC. Semakin tinggi voltase atau waat, berarti biaya untuk kebutuhan listrik akan semakin tinggi. Oleh karena itu, pilih AC yang berdaya rendah. Selain itu, ada biaknya membeli AC yang telah dilengkapi dengan teknologi inverter. Teknologi ini dapat dapat membantu mengurangi konsumsi listrik. Bahkan, mengurangi energy listrik untuk AC bisa mencapai sekitar 30 persen.

Selanjutnya, pilihlah AC sesuai dengan ukuran ruangan. Semakin besar ruangan dalam rumah, ukuran AC pun sebaiknya lebih besar. Perhatikan pula daya AC dan kemampuannya dalam mendinginkan ruangan. Pastikan anda telah mengetahui ukuran ruangan sebelum menentukan pembelian AC. Disamping mengetahui ukuran ruangan, pertimbangan peletakan AC. Pastikan AC ditempatkan di lokasi yang tidak mengganggu elemen dekoratif dalam ruangan. Lokasi paling bagus adalah di dekat  jendela. Dengan demikian, pemasangan pipa AC akan lebih mudah. Pilih pula lokasi yang tepat untuk menempatkan mesin AC di luar ruangan. Pastikan tempat mesin AC cukup kokoh dan lokasinya mudah dijangkau. Ini akan memudahkan dalam pembersihan AC secara rutin.

Perhatikanlah fitur-fitur pada AC. Sebaiknya pilih jenis merk AC terbaik yang dapat membantu memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Fitur penyaring partikel debu pada AC juga diperlukan. Terkadang sejumlah AC hanya bersifat memutar udara tanpa penyaring. Jadi belilah AC dengan filter yang berkualitas. Sejumlah AC keluaran terbaru biasanya menawarkan fitur-fitur seperti filter virus dan sistem unutk penyaring efek negative sinar ultraviolet. Tidak jarang, AC membuat ruangan menjadi terasa kering. Hal ini membuat penghuni akan mengalami gejala-gejala sepeti kulit terasa kering, bibir pecah-pecah, mata perih dan nafas yang tidak nyaman.  Oleh karena itu, pastikan memilih AC yang tepat dan mempunyai fungsi untuk membantu kelembaban udara.

Perawatan AC tidak boleh dilupakan. Setelah mencermati masa garansi AC, ketahuilah cara perawatan AC. Paling tidak bersihkan AC sekitar 3 bulan sekali. Namun, bila AC bermasalah, jangan tunggu waktu lama. Segera cek kondisi AC. Perbaikilah komponen AC yang rusak. Langkah-langkah ini akan membantu AC lebih awet dan tahan lama. Biasakannya tidak terlalu sering mengubah pengaturan suhu pada remote AC. Kebiasan mengganti-ganti suhu terlalu sering bisa membuat AC lebih mudah rusak. Akan lebih baik bila anda mengatur AC dalam suhu yang konstan. Apabila suhu sering dirubah, sebaikknya jangan terlalu sering.


EmoticonEmoticon