Wednesday, March 22, 2017

Pengertian Kata Daring di Era Digital

Belakangan ini di dunia maya lagi viral penggunaan kata daring, misalnya Moda Daring dan KBBI Daring. Lalu apa sih sebenarnya pengertian dari kata daring tersebut? di era digital ini orang lebih suka memakai istilah gaul yang erat kaitannya dengan teknologi informasi.

Daring (dalam jaringan adalah) adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia maya tersebut umumnya dinamakan cyberspace.

Pada umumnya pengertian daring atau online menyatakan konektifitas atau dalam penggunaan yang biasanya menyatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet atau World Wide Web menggunakan perangkat tertentu seperti komputer, gadget dan lain-lain.

Online atau Daring (dalam jaringan) juga menyatakan suatu kondisi pada suatu alat perlengkapan atau pada suatu unit fungsional. Dikatakan daring apabila memenuhi salah satu syarat:
1. Dibawah pengendalian langsung dari alat yang lain.
2. Dibawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.
3. Tersedia untuk penggunaan segera (real time)
4. Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya.
5. Fungsional dan siap melayani.

Lawan kata dari daring adalah luring (luar jaringan) atau dalam bahasa inggris offline. 

Jadi kesimpulannya semua komunikasi yang menggunakan internet disebut daring, sedangkan yang tidak menggunakan internet disebut luring.

Sedangkan era digital adalah media baru yang erat kaitannya dengan teknologi informasi, sehingga daring tidak bisa dilepaskan dari era digital.

Sekian ulasan mengengai pengertian kata daring di era digital, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda dalam dunia teknologi.


EmoticonEmoticon