Wednesday, March 22, 2017

Suka Duka Seorang Blogger Publisher AdSense

Sekarang ini ngeblog bukan sekehar hobi menyalurkan gagasan lewat tulisan namun sebagai suatu profesi yang mendatangkan income. Untuk itu banyak anak muda yang mencoba peruntungan di blog. Yang dimaksud blogger adalah orang yang menjalani aktivitas sebagai penulis blog, sedangkan publisher adalah penayang iklan.

Ternyata ngeblog saja tidak cukup mendatangkan uang meskipun visitor banyak. Caranya Anda harus menayangkan iklan di blog Anda. Salah satu partner publisher yang cukup dipercaya dan memang benar-benar membayar blogger adalah Google AdSense.

Untuk dapat memasang iklan AdSense, Anda harus mengajukan diri sebagai publisher/ penayang. Caranya dengan menyiapkan sebuah blog dengan konten original dan menarik baru di daftarkan ke Google AdSense. Bila disetujui Anda dapat menampilkan iklan di blog dan siap meraup keuntungan.

Ternyata menjadi seorang blogger itu ada suka dan dukanya lho, berikut ini suka duka para blogger publisher.

# Yang paling disukai blogger publisher

1. Visitor blog terus naik
Visitor atau pengunjung blog merupakan penyemangat seorang blogger. Bayangkan saja bila tidak ada yang mengunjungi blog Anda berarti kualitas artikel kurang menarik bagi pembaca. Namun sebaliknya bila blog kita ramai dikunjungi orang untuk membaca tulisan ini semakin memacu semangat para blogger untuk terus menulis.

Apalagi beberapa artikel mendapatkan komentar dari pembaca yang artinya orang menginginkan interaksi jawaban dari Anda. Hal seperti inilah yang paling disukai blogger.

2. Nilai klik lumayan tinggi
Tingginya nilai klik iklan AdSense tergantung dari harga yang ditawarkan pengiklan dan dari mana orang yang klik iklan tersebut. Terkadang kalau lagi beruntung sehari dapat Rp. 500.000 itu hal biasa, namun bila nilaik klik iklannya rendah meskipun banyak klik itu membuat greget para blogger publisher.

3. Rutin gajian tidap bulan
Siapa sih yang tidak ingin dapat gaji bulanan rutin, semua pingin bukan? hehe untuk mencapai tahap ini tidaklah mudah. Anda minimal membutuhkan waktu 6 hingga 12 bulan baru bisa gajian rutin perbulannya. Bila Anda mempunyai pekerjaan lain dan sampingannya ngeblog mendapatkan gaji dari  Google AdSense sangat menyenagkan.

4. Terkadang gajinya melebihi PNS
Hehe tidak semua blogger melampaui tahap ini bila tidak tekun dan serius. Butuh perjuangan ekstra bangun malam hari berpacu dengan komputer untuk ngeblog. Mendapatkan gaji 8 hingga 9 juta perbulan sangatlah mudah. Namun mempertahankan yang telah ada untuk stabil sangatkah susah.

5. Mendapatkan tawaran kerja sama dari pihak lain
Selain mendapatkan penghasilan dari Google AdSense, biasanya tawaran muncul dari pihak lain. Misalkan mendapatkan email kerja sama untuk mengampilkan artikel mereka di blog Anda. Bila blog Anda ramai pengunjung biasanya mereka berani bayar mahal per atrikelnya.

# Yang paling tidak sukai blogger publisher

1. Visitor terus menurun
Inilah yang paling menyebalkan jadi seorang blogger, sudah berusaha semaksimal mungkin dengan rutin update artikel namun visitor terus menurun. Ada beberapa kemungkinan kenapa visitor blog Anda terus menurun diantaranya adalah kualitas artikel jelek, artikel yang ditulis tidak trend saat pencarian, sering gonta-ganti template, dan yang terakhir kena robot Google.

2. Gajian tidak rutin bulanan
Yang paling tidak disukai blogger publisher adalah tidak mampu mendapatkan gaji bulanan. Yang pasti ini merupakan dampak dari poin pertama yaitu visitor menurun. Kunci sukses seorang blogger cuma satu yaitu visitor, ibaratnya visitor adalah harta karun yang terus dijaga.

3. Telat pembayaran Google AdSense
Secara rutin Google AdSense membayar ke publisher mulai tanggal 22 hingga akhir bulan, namun biasanya tanggal 22 sudah gajian. Telat menerima pembayaran dari Google itu biasa, pasti sering dialami para blogger. Ini salah satu yang tidak disukai blogger, ketika uang habis dan Anda cuma mengandalkan gaji dari Google maka menunggu kiriman datang itu rasanya lama sekali.

4. Blog tidak ada komentar
Bila tidak ada interaksi antara pembaca dan penulis blog yang dibuktikan dengan adanya komentar maka secara sadar kita dapat menilainya sendiri. Berarti orang kurang tertarik dengan konten yang ditulis. Pasti nyesek bukan? hehe

Demikian suka-duka seorang blogger, semoga apa yang ditulis bermanfaat bagi para pembaca.

6 comments

Makasih gan.... atas artikelnya.... bantu gue untuk lebih semangat lagi dalam membuat artikel,meskipun masih blog gue masih baru....

Yang penting tekun aja gan, Saya juga pernah mengalami fase seperti agan hehe.

Happ blogging gan

Gan Indo

Sepengalaman agan nge blog selama ini, iklan tautan dengan iklan gambar lebih efektif mana dalam menghasilkan earning?

Apakah iklan tautan kurang efektif menghasilkan?

Seajuh yang saya gunakan, iklan tautan kok hampir nggak ada yang ngeklik y dibandingkan iklan gambar dan teks?

Terima kasih

Iklan tautan cocoknya untuk blog download mas, sedangkan iklam gambar/ teks untuk blog informasi. Kalau pengalaman ane sih gitu hehe

Thanks infonya gan..

Kayaknya ane perlu copot iklan tautan nih.. Hehe.. soalnya blog ane tentang pasar modal

Eksperimen terus aja mas, nanti nemuin jenis iklan yang pas hehe


EmoticonEmoticon