Site and learn your application

Cara Melacak Keberadaan HP Yang Hilang Atau Dicuri

Indo Amaterasu

Hape bukan sekedar alat komunikasi melainkan sebuah alat yang mempunyai fungsi lebih seperti foto, merekam video, dan menyimpan data penting dalam memory. Oleh karena itu bila tiba-tiba hape Anda hilang karena jatuh atau dicuri orang lain pasti membuat kita panik.

Berdasarkan pengalaman biasanya hape hilang nggak bakalan kembali, hanya sedikit orang yang mau ngembalikannya dan itu mungkin yang nemukan teman atau keluarga Anda. Namun bila diambil orang lain jangan harap hape kembali.

Berikut ini ada beberapa tips supaya hape yang hilang dapat kembali dengan cara melacak keberadaan hape tersebut. Tips ini ditujukan bagi pengguna hape Android, selain Android tidak bisa. Sebagai antisipasi sebelum hape hilang (buat jaga-jaga) sebaiknya Anda melakukan settingan ini di hape Android.

1. Pastikan akun gmail sudah terhubung dengan hape Android
Untuk menjalankan semua fitur Google biasanya Android mengharuskan terhubung dengan akun gmail. Fungsi akun gmail ini diantaranya untuk mendownload aplikasi dari Google Playstore, menjalankan Google Map, untuk melacak keberadaan hape dengan Android Device Manager, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk itu ketika hape Anda hilang karena jangan buru-buru untuk mengganti password gmail, kalau menggantinya tamatlah hape hilang tadi. Kenapa tidak boleh ganti password? ya supaya hape tetap aktif terhubung ke akun gmail.

2. Install Android Device Manager
Android Devie Manager adalah aplikasi gratisan yang diberikan Google untuk melacak posisi hape Android. Anda dapat mendownload Android Device Manager di Google Playstore, kemudian login menggunakan akun gmail.


Download Android Device Manager via Google Play

Selain mampu mendeteksi posisi terakhir dimana hape Android berada, aplikasi dapat melakukan panggilan otomatis tanpa henti dengan menekan menu ring. Anda juga dapat mengunci hape tadi dari jarak jauh, dan menghapus data penting dengan menggunakan menu erase.

3. Beri kode/ password keamanan
Semua hape Android dilengkapi fitur Lock Screem & Password, letaknya di System & Device. Silahkan pilih salah satu Screen lock Pattern, PIN, dan atau Password. Dengan memberi kode keamanan ini dapat menghambat bagi yang menemukan hape/ mencuri untuk masuk ke menu Android. Secara otomatis bila hape Android yang hilang tersebut ada paket datanya dan email google aktif maka dapat dilacak dengan Android Device Manager.

Cara melacak posisi hape yang hilang dengan Android Device Manager:
1. Jalankan Android Device Manager
2. Secara otomatis Android Device Manager akan melacak posisi hape Anda

3. Nanti akan ditampilkan posisi hape di Google Map
4. Bila Anda mengetahui dan mengenal lokasinya silahkan mecari hape hilang tersebut. Disarankan membawa teman atau polisi ya biar hape kembali.

Catatan:
Selama hape Anda hilang kalau belum direset ulang InsyaAllah cepat kembali, untuk itu penggunaan kode keamanan pada Android menghabat penemu/ pencuri yang ingin masuk ke sistem Android.

0 comments:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Tips Komputer

AdSense

Xiaomi