Sunday, April 16, 2017

Mengenal 2 Jenis PTK BK (Penelitian Tindakan Kelas)

Penelitian Tindakan Kelas atau yang disingkat PTK adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknik yang sudah ada. Bedanya PTK dengan penelitian Eksperimen adalah bila PTK menggunakan teknik yang telah ada sedangkan Experimen membuat teknik baru.

Cara mudah mengenali penelitian tindakan kelas (PTK) adalah dari judulnya, seperti Upaya Meningkatkan Keakraban Teman Sebaya Dengan Teknik Cangkruk'an, Upaya Mengurangi Kenakalan Remaja Kelas XII SMK Negeri 3 Malang Dengan Sinema Edukasi, Penggunaan Teknik Konseling REBT Untuk Meningkatkan Pola Pikir Siswa, dan lain sebagainya.

Berdasarkan contoh di atas kata kuncinya adalah upaya, penggunaan, bisa juga penerapan. Selain itu ciri khas PTK ada Siklus I dan Siklus II, bisa juga sampai Siklus III hingga siswa ada perubahan. Yang membedakan PTK BK dengan PTK Guru Mata Pelajaran adalah jenisnya.

PTK BK dikelompokkan menjadi 2 yaitu Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dan Penelitian Tindakan Konseling (PTK). PTBK ditujukan untuk meneliti teknik yang digunakan dalam bimbingan, sedangkan PTK untuk meneliti teknik yang digunakan selama proses konseling.

Menurut para ahli PTK adalah penelitian yang paling sederhana dan mudah dilaksanakan, untuk itu saran bagi mahasiswa yang menempuh semester akhir sebagiknya menggunakan PTK daripada penelitian pengembangan, kuantitatif, dan kualitatif.

Yang menarik PTK juga dijadikan sebagai syarat pengajuan kenaikan tingkat bagi guru PNS. Sayangnya dilapangan banyak guru PNS yang beli PTK jadi, mereka tidak mau pusing membuat penelitian baru.

Demikianlah informasi jenis penelitian tindakan kelas pada Bimbingan Konseling yang dibagi menjadi penelitian tindakan bimbingan konseling dan penelitian tindakan konseling. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dalam menyusun laporan penelitian.



EmoticonEmoticon