Thursday, April 6, 2017

Terlambat Menyerahkan Surat Pengantar Pindah KK dan KTP Didenda 1000

Pengalaman mengurus surat pindah mertua dari Kendal, Jawa Tengah ke Trenggalek, Jawa Timur karena alasan kesehatan. Beliau di rumah tidak ada yang menjaga akhirnya pingin pindah ikut anaknya yang ada di Jawa Timur. Setelah mendapatkan surat pengantar pindah dari kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Kendal akhirnya surat tersebut sampai ke Trenggalek, Jawa Timur.

Surat pengantar pindah tersebut diantarkan langsung oleh anak terakhir mertua, karena beliau juga bekerja maka untuk ke Jatim menuggu waktu liburan. Sesampainya di Trenggalek di cek ternyata masa berlakunya 30 hari dan sudah kadaluwarsa. Daripada ribet berususan dengan petugas capil akhirnya minta perpanjangan masa berlaku surat pindah dari Kendal.

Baca:  Cara Mengurus Akta Kelahiran dan Perubahan KK Baru

Setelah mendapatkan legalisir surat pindah dengan masa berlaku sebulan akhirnya pergi ke kantor desa mencari pengantar pidah datang, kemudian kecamatan, dan yang terakhir kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Trenggalek. Ternyata kata petugasnya untuk mereka yang telat menyetorkan administrasi surat pindah datang bila tidak lebih dari satu bulan kena dena 1000.

Baca: Persyaratan Membuat KTP Elektronik (e-KTP) Tahun 2017

Hems denda tersebut cukup terjangkau bukan? itu memang salahya Admin sendiri yang tidak tanya ke capil Trenggalek melainkan minta lagi perpanjangan surat pindah datang dari Kendal. Ya itung-itung rugi buat wira-wiri hehe. Ini berlaku hanya di kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Trenggalek.

Baca: Masa Berlaku Surat Keterangan Pindah KK dan KTP Hanya 30 Hari

Menurut petugasnya bagi mereka yang pindah datang dari jauh seperti luar Jawa dan masa berlaku surat pindahnya habis masih dimaklumi asalkan tidak lewat 30 hari. Soalnya kasihan juga misalnya pindah datang dari Papua ke Trenggalek, kalau habis masa berlakunya kembali mengurus pasti butuh biaya besar.

Baca: Cara Mengurus Surat Pindah KTP dan Pembuatan KK Baru Antar Provinsi

Memang aturan ini tidak berlaku untuk semua capil yang ada di Indonesia namun tergantung dari pemberian kualitas layanan kepada masyarakat untuk masing-masing capil. Menurut Admin sih peraturannya bagus, denda 1000 cukup terjangkau daripada bolak-balik memperpanjang surat pindah.


EmoticonEmoticon