Monday, May 1, 2017

Cara Cek ID Pelanggan Atau No. Meter Listrik Prabayar (Pulsa Listrik)

Jenis meter listrik yang ada di Indonesia ada 2 yaitu meter listrik pascabayar dan meter listrik prabayar. Untuk pemasangan listrik sekarang ini pasti dialihkan menggunakan listrik prabayar atau pulsa listrik. Untuk listrik pascabayar hanya dapat dinikmati oleh mereka yang pasang listrik zaman dahulu.

Setiap pengguna listrik pasti mendapatkan ID Pelanggan atau No. Meter gunanya untuk cek tarif tagihan listrik an untuk membeli token listrik. Untuk keperluan tertentu misalnya terjadi masalah pada meteran listrik biasanya ketika telepon PLN pasti disuruh menyebutkan ID Pelanggan atau No. Meter.

ID Pelanggan atau No. Meter adalah suatu identitas untuk menandakan pemilik listrik. Karena data PLN terpusat sekarang cukup menyebutkan ID Pelanggan maka jenis pemasangan listrik, tarif listrik, alamat, dapat diketahui PLN.

Fungsi ID Pelanggan/ No. Meter
1.  Sebagai identitas pemilik meteran listrik
2. Untuk membeli token listri prabayar
3. Sebagai kontrol bila terjadi masalah pada meteran listrik prabayar.

Bagi Anda yang tidak tahu ID Pelanggan atau No. Meter listrik prabayar (pulsa listrik) berikut ini Admin akan menjelaskannya kepada Anda.

Cara Cek ID Pelanggan Atau No. Meter Listrik Prabayar (Pulsa Listrik):

#1. Mengetahui ID Pelanggan/ No. Meter listrik prabayar dengan kartu anggota PLN
Larena listrik prabayar harus membayar di depan maka tidak ada struk/ kwitansi pembayaran layaknya listrik pascabayar. Cara melihat ID Pelanggan cukup dengan melihat pada kartu anggota PLN. Kartu ini diberikan oleh petugas PLN ketika memasang listrik baru.

#2. Mengetahui ID Pelanggan/ No. Meter listrik prabayar dengan melihat pada sepedo meter
Cara kedua melihat ID Pelanggan listrik prabayar dengan melihat pada meteran listrik. Contoh kali ini diambil dari meteran lisrik Itron, untuk merek lain kurang lebih caranya sama. No. Meter atau ID Pelanggan sepeti yang diberi tanda merah.

Baca: Cara Memasukkan Tamper ke Meteran Listrik
Baca: Cara Mengatasi Gagal Memasukkan Token Listrik Prabayar

2 comments

nggak bisa. id pelanggan berbeda dengan nomor meter.

nggak bisanya gimana? harusnya bisa kalu sesuai id pel/ no meter


EmoticonEmoticon