Thursday, May 4, 2017

Server e-KTP Rusak, Hampir Setahun e-KTP Belum Jadi

Pemerintah zaman sekarang emang amburadul setidaknya itu yang dirasakan kebanyakan orang Indonesia. Bagaimana tidak tarif listrik kian naik, sedangkan pendapatan cenderung tetap malah bisa turun untuk seorang yang berprofesi sebagai blogger. Yang penting internet kenceng, kekecewaan terhadap pemerintah sedikit terobati.

Pelayanan pemerintah yang bikin greget adalah soal kependudukan. Ceritanya pada bulan Oktober 2016 yang lalu dompet Admin hilang karena jatuh saat perjalanan dari Malang ke Trenggalek. Isinya barang penting semua mulai KTP, ATM, STNK, SIM, dan data penting lainnya.

Karena hilang akhirnya mengurus KTP di kantor dinas kependudukan, yang greget hingga saat ini KTP Elektronik belum jadi, sebagai gantinya pada bulan Desember 2016 yang lalu diberi surat keterangan pengganti KTP. Hingga saat ini bulan Mei 2017 KTP Elektronik juga belum jadi katanya Blanko e-KTP habis.

Kok bisa habis ya? apa ada pengaruhnya dengan isu korupsi e-KTP yang viral belakangan ini? yang pasti masalah ini dialami era Joko Widodo. Dulunya Admin juga memilih dan mendukung bpk presiden, tapi semakin hari kebijakannya menyusahkan rakyat Indonesia.

Ngomongin soal e-KTP beberapa minggu yang lalu Admin juga ngurusin kepindahan mertua dari Kendal ke Trenggalek, katanya sih 2 minggu atau 10 hari kerja KK dan e-KTP jadi. Karena sibuk akhirnya sebulan kemudian diambil. Sampai di kantor kependudukan Trenggalek ada pengumuman bahwa server e-KTP rusak.


Kok bisa sampai rusak ya? ini kan dikelola pemerintah? emangnya apa tidak ada backup server bila terjadi kerusakan? atau hanya akal-akalan saja dari kantor dinas kependudukan Trenggalek. Masak semua dijadikan bisnis?

Dipengumuman tersebut tidak dijelaskan sampai kapan perbaikan server e-KTP teratasi. Ada yang janggal dengan pengumuman tersebut, kalau perekaman Biomterik bisa dilayani di kecamatan kenapa di capil Trenggalek tidak bisa? apakah servernya beda? untuk mencetak surat keterangan pengganti KTP saja tidak bisa.

Admin juga pernah ngobrol dengan teman yang baru kehilangan dompet, beliau mengatakan mengurus e-KTP langsung jadi kok. Kemudian Admin bertanya, kok bisa jadi bu? punyaku saja nunggu 8 bulan katanya? beliau menjawab lewat pintu belakang mas.

Sepertinya ada yang nggak beres nih, mulai pemerintah pusat hingga pegawai dinas kependudukan kabupaten Trenggalek. Sampai kapan membawa selembar kertas KTP ini? kalau kehujanan pasti jebol, sering dibuka jadinya sobek.


EmoticonEmoticon