Site and learn your application

6/18/2017

10 Kode Etik Blogger Yang Wajib Anda Ketahui

Kode Etik Blogger adalah aturan yang harus dipatuhi oleh setiap blogger. Sebenarnya tidak ada patokan pasti atau sebuah kesepakatan apa yang diperbolehkan dan apa yang dilarang oleh blogger. Nilai kode etik blogger muncul dengan sendirinya akibat ulah blogger tak bertanggung jawab seperti asal copy paste, mengutip semua isi dari blog lain tanpa mengeditnya, dan lain sebagainya.
10 Kode Erik Blogger Yang Wajib Anda Ketahui

Rata-rata yang melanggar kode etik blogger adalah pemula, mereka dalam tahap belajar dan belajar. Daripada kelamaan nulis artikel mendingan copy paste seluruh isinya lalu diposting di blog sendiri tanpa mengubah apapun. Coba bayangkan sendiri misalnya karya Anda dibajak orang lain dan diakuinya bagaimana perasaannya? jengkel? sebal? hehe

Blog hanyalah sebuah media dan sarana untuk menyampaikan pesan hasil buah pikiran dan juga ekspresi perasaaan seseorang/ kelompok orang di internet. Baik buruknya blog sangat tergantung dari blogger, yaitu orang yang memiliki dan mengelola blog.

Blogger adalah manusia yang memiliki harkat dan martabat, yang bisa membedakan mana yang baik dan buruk untuk menciptakan peradaban. Oleh karena itu, perlu suatu kumpulan nilai-nilai/ norma yang menjadi pedoman untuk bertingkah laku sebagai seorang blogger yang baik. Kumpulan nilai-nilai tersebut.

10 Kode Etik Bloger Yang Perlu Anda Tahu:

1. Kejujuran dan Niat Baik
Kami menyadari bahwa blog merupakan representasi kami di dunia maya yang anonim. Oleh karena itu kami ingin menunjukan niat baik kami untuk menampilkan identitas yang tidak digunakan untuk menipu dan tindakan jahat lainnya dalam blog maupun dalam komentar di blog lain.

2. Kerahasiaan
Kami menyadari bahwa dunia internet tidak menjamin kerahasiaan data-data pribadi kami maupun data-data pribadi orang lain, sehingga kami harus menjaga data-data pribadi tersebut dalam batas tertentu  agar tidak disalahgunakan oleh siapapun untuk tujuan yang tidak baik.

3. Tanggung Jawab
Kami menyadari bahwa apa yang kami tulis merupakan buah pikiran dan ekspresi perasaan kami yang mungkin dapat dipersepsi berbeda oleh orang lain. Oleh karena itu kami siap mempertanggungjawabkan dengan cara memberi penjelasan, atau memberikan referensi/bukti secukupnya atau memperbaiki tulisan tersebut jika memang terbukti memiliki kesalahan.

4. Penyaringan
Kami menyadari bahwa apa yang kami tulis merupakan opini yang dapat memiliki pengaruh yang besar baik positif maupun negatif dalam masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami akan berusaha untuk menyaring informasi seperlunya dalam tulisan maupun dalam komentar yang diajukan oleh orang lain.

5. Hak Cipat
Kami menjunjung tinggi hasil karya orang lain dengan tidak melakukan  penjiplakan blog, atau mempublikasikan tulisan/photo orang lain tanpa seijin pemiliknya.

6. Kebebasan
Kami menyadari bahwa kebebasan kami berekspresi dilindungi oleh undang-undang, namun kami juga sadar bahwa orang lain juga memiliki kebebasan untuk mendapatkan hak-hak asasi-nya.

7. Perdamaian
Kami akan berusaha mengutamakan penyelesaian secara damai yang menguntungkan semua pihak atas segala permasalahan yang ditimbulkan atas publikasi yang terbukti melanggar hak-hak orang lain.

8. Kebesaran Hari
Kami siap untuk meminta maaf dan mengajukan perbaikan jika ternyata apa yang kami publikasikan terbukti memiliki kesalahan yang merugikan orang lain ataupun pihak-pihak yang terkait.

9. Solidaritas
Kami menyadari bahwa sebagai satu komunitas blogger Indonesia, kami akan memberikan dukungan baik materi maupun moral bagi sesama kami yang membutuhkan pertolongan ataupun kesulitan dalam tujuan dan maksud-maksud yang baik.

10. Harmoninasi
Kami menyadari pentingnya menjaga harmonisasi hubungan dengan blogger lain. Kami akan berusaha menjauhi sikap permusuhan baik melalui komentar atau postingan yang sengaja dimaksudkan untuk menghina, melecehkan, mengancam, mengadu domba satu sama lain ataupun tindakan lain yang menganggu harmonisasi hubungan baik
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Kode Etik Blogger Yang Wajib Anda Ketahui

0 comments:

Post a Comment