Tuesday, July 11, 2017

Contoh Surat Pengunduran Diri CPNS/ CASN

Apa yang terlintas dalam benak pikiran Anda ketika mendengar atau mengetahui lolos CPNS? Hems pasti senangnya bukan main hehe. Pasti mereka yang lolos CPNS tidak perlu lagi berfikir panjang untuk mengambilnya, pasti ambil saja. Memang sih CPNS membuat hidup lebih sejahtera, bila mempunyai sertifikat pendidik bisa 2 kali gaji pokok pendapatan guru PNS. Belum lagi jaminan hari tua pasti mendapatkan gaji.

Namun bagi sebagaian orang menjadi CPNS adalah pilihan, sekali lagi hidup adalah pilihan. Contohnya saja CPNS guru, meskipun mereka daftar dan mengambil formasi di daerah tujuan namun terkadang bisa dibuang di luar propinsi. Seperti yang dialami pendaftar CPNS/ CASN Guru Garis Depan, salah satu syarat pendaftarannya bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

 Klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar

Yang jelas yang mengetahui penyebaran guru dan penempatan CPNS ada di kemenpan dan kemdikbud, setelah SK pengumuman kelulusan CPNS keluar baru memikirkan untuk mengambil atau mengundurkan diri. Ada beberapa alasan kenapa mengundurkan diri diantaranya adalah tidak ada akses listrik, tidak ada sinyal, jarak dari pusat kota ke lokasi tujuan jauh, fasilitas kesehatan minim, dan lain sebagainya.

Sempat juga kepikiran bila mengundurkan diri nanti dibacklist tidak bisa ikut CPNS berikutnya. Ternyata setelah mencari referensi tidak akan dibacklist. Yang dibacklist itu bila telah menghabiskan uang negara seperti bekerja selama 1 tahun sebagai PNS kemudian mengundurkan diri tanpa mengajukan permohonan, nah itu nanti akan kena denda dan backlist.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengundurkan Diri Sebagai CPNS
Bila Anda telah mendapatkan SK Kelulusan CPNS sesegera mungkin mengajukan surat permohonan pengunduran diri, intinya sebelum NIP keluar. Namun ada juga yang terlanjur mengirimkan pemberkasan, tidak jadi masalah timpal saja dengan surat permohonan pengunduran diri.

Surat Permohonan Pengunduran Diri Ditujukan ke Siapa?
Ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan oleh mereka yang ingin mengundurkan diri. Untuk mengundurkan diri dari CPNS kirim surat tersebut ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan tebusan Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Surat Pengunduran Diri CPNS Melampirkan Materai Rp. 6.000
Supaya surat permohonan pengunduran diri Anda benar-benar dapat dipercaya maka tambahkan materai Rp. 6.000. Surat ini telah memiliki kekuatan hukum, jadi jika ada yang mempermasalahkannya Anda menang di pengadilan.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri CPNS
Download
Download


EmoticonEmoticon