Friday, July 7, 2017

Perpanjang SKCK Cukup Membawa Foto Copy SKCK Lama atau Asli

Tahukah Anda bahwa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) memiliki masa berlaku selama 6 bulan, bila masanya habis wajib memperpanjangnya lagi. Fungsi SKCK sangatlah penting diantaranya untuk melamar pekerjaan, masuk perguruan tinggi, dan pemberkasan CPNS. Selain itu SKCK juga dijadikan salah satu syarat untuk pergi ke luar negeri untuk keperluan kerja, kunjungan, dan atau permit.

Biasanya orang mengurus SKCK kalau ada perlunya saja, artinya tidak rutin setiap 6 bulan sekali sesuai masa berlaku habis memperpanjangnya kembali. Syarat memperpanjang SKCK cukup dengan membawa foto copy SKCK lama yang telah habis masa berlakunya dan atau SKCK asli. Selain itu harus membawa foto 4x6 dengan background merah sebanyak 4 lembar, foto copy KTP, foto Copy KK, dan foto Copy Akta Kelahiran.
Perpanjang SKCK Cukup Membawa Foto Copy SKCK Lama atau Asli

Persyaratan Memperpanjang SKCK:
1. SKCK asli atau foto copy SKCK yang telah habis masa berlakunya
2. Pas Foto 4x6 dengan background merah sebanyak 4 lembar
3. Fofo copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) 1 lembar
4. Foto copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
5. Foto copy Akta Kelahiran 1 lembar.

Silahkan masukan persyaratan tersebut ke dalam map dan bawa ke kantor kepolisian/ POLRES di mana Anda tinggal. Nantinya Anda akan diberi blanko isian pengajuan perpanjangan SKCK baru. Untuk biaya dikenakan Rp. 30.000, mestinya seluruh Indonesia biayanya sama.

Kesimpulannya
Bila masa berlaku SKCK Anda habis sebaiknya perpanjang dengan membawa persyaratan seperti yang disebutkan di atas. Jadi Anda tidak perlu lagi membawa surat pengantar dari desa, kecamatan, POLSEK, dan KORAMIL.

Catatan:
1. Perpanjangan SKCK baru tidak boleh lebih dari 1 tahun dari masa berlakunya habis
2. Faktanya ada beberapa POLRES yang memperbolehkan perpanjang SKCK yang masa berlakunya habis lebih dari 1 tahun.

Demikian informasi cara memperpanjang SKCK yang masa berlakunya habis, bila ada yang kurang jelas dan belum dipahami silahkan bertanya pada kolom komentar .


EmoticonEmoticon