Saturday, August 12, 2017

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Membeli Laptop Slim

Bagi Anda yang ingin membeli laptop baru ukuran slim sebaiknya baca dulu uraian artikel ini supaya tidak menyesal dikemudian hari dan keputusan untuk membeli laptop slim adalah pilihan tepat. Beberapa waktu yang lalu Admin ditelpon sama teman mengenai laptop slim yang baru dia beli, katanya mau dijual lagi padahal baru beli.

Setelah ditanya kenapa kok dijual? itu kan baru? dia menjawab harddisknya cuma 32 GB, mana cukup untuk nyimpan file filem banyak. Sudah mencoba mengembalikan ke penjual namun barang tidak boleh dikembalikan.
4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Slim

Berdasarkan uraian di atas berarti si pembeli tidak begitu memperhatikan spesifikasi laptop slim yang baru dia beli. Sepertinya lebih memilih desain yang langsing daripada kebutuhan akan kegunaannya. So buat Anda yang tertarik membeli laptop slim harus teliti ya? hehe.

Sebenarnya pengalaman ini juga pernah dialami Admin sendiri ketika membeli laptop Acer One 14. Pada saat itu memang kurang detail melihat spesifikasinya dan hanya melihat wujud luarnya saja. Ada beberapa alasan kenapa Admin ngambil laptop slim? karena harganya sesuai dengan budget yang ada pada saat itu.

Eh ternyata sampai dirumah mau mencoba mencolokan ke LCD Proyektor yang menggunakan port VGA nggak bisa, karena laptop slim menggunakan HDMI. Selain itu tidak ada port Ethernet yang fungsinya menghubungkan internet melalui kabel LAN.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Slim:

1. Harrdisk Ukuran Kecil
Mereka yang terlanjur membeli laptop slim mengeluhkan kapasitas harddisk yang kecil, ya karena menggunakan SSD (Solid State Drive). Meskipun kapasitasnya kecil tapi kecepatan membaca data sangat cepat. Mungkin membutuhkan waktu beberapa detik saat booting windows. Bila Anda ingin menyimpan data sebaiknya belilah harddisk eksternal.

2. Tidak Ada Port VGA
Laptop slim tidak dilengkapi port VGA, sebagai gantinya dipasang HDMI yang dapat menampilkan gambar lebih tajam. Sayangnya untuk melakukan presentasi menggunakan LCD Proyektor harus menambah converter HDMI to VGA. Masih banyak proyektor yang portnya VGA, namun proyektor keluaran terbaru sudah HDMI.

Baca: Cara Menghubungkan Laptop Dengan Port HDMI ke VGA

3. Tidak Ada Port Ethernet
Port Ethernet adalah port untuk menghubungkan komputer laptop ke internet menggunakan kabel LAN. Untuk laptop slim tidak port Ethernet yang ada cuma USB dan HDMI saja. Maka dari itu untuk akses internet hanya mengandalkan jaringan wifi. Untuk bisa terhubung dengan kabel LAN harus membeli alat tambahan yang bernama USB Ethernet Adapter.

Baca: Solusi Ultrabook, Laptop Slim Tidak Dilengkapi LAN Ethernet

4. RAM Tidak Dapat Diupgrade
Semua laptop slim RAMnya tertanam jadi 1 sama motherboard, jadi bila Anda ingin menambah atau mengganti RAM ke ukuran yang lebih besar tidak bisa. Jadi sebelum membeli pastikan besarnya RAM sesuai kebutuhan Anda.


EmoticonEmoticon