Saturday, August 5, 2017

Cara Mendaftarkan Peserta BPJS Yang Tidak Bisa Datang Langsung ke Kantor BPJS

BPJS Kesehatan memberlakukan persyaratan bagi para pedaftar baru sebagai peserta jaminan kesehatan untuk datang langsung ke kantor BPJS dan tidak bisa diwakilkan. Permasalahannya adalah bagimana dengan peserta yang tidak bisa jalan, yang sakit, karena faktor usia sehingga tidak memungkinkan untuk daftar sendiri ke kantor BPJS.

Pengalaman ini dialami langsung oleh Admin yang mendaftarkan bapak mertua sebagai peserta BPJS Kesehatan baru. Bapak sendiri mempunyai KK baru sehingga tidak bisa ditambahkan dengan BPJS Admin yang telah terdaftar terlebih dulu.

Langkah pertama yang Admin ambil adalah mengambilkan blanko isian pendaftar BPJS baru. Setelah mendapatkan blanko tersebut dibawa pulang dan diberikan kepada bapak untuk mengisinya. Keesokan harinya pergi ke kantor BPJS, eh ternyata customer servicernya bilang tidak bisa diwakilkan pak. Terus solusinya gimana? soalnya bapaj sudah tua, kasihan kalau diajak wira-wiri datang ke sini mbak...

Karena customer servicenya cewek maka panggilnya mbak hehe. Menurutnya suruh membuat surat kuasa yang ditandatangani langsung bagi yang mengajukan BPJS dengan keterangan yang diberi kuasa. Lebih gampangnya silahkan minta contoh surat kuasa pengajuan BPJS Kesehatan kepada customer service.

Daripada Anda bolak-balik pergi ke kantor BPJS Kesehatan silahkan download contoh surat kuasanya pada link berikut ini. Nanti bawa surat kuasa ini ke kantor BPJS dengan materai 6000.

BLANKO!
Daripada Anda mengisi blanko di kantor BPJS Kesehatan memakan waktu yang lama sebaiknya download saja contoh blankonya pada link berikut ini kemudian Anda cetak dan di isi.
Download Blanko Pengajuan Peserta BPJS Baru
Download Contoh Surat Kuasa Untuk Pengajuan Peserta BPJS

Pesyaratan Yang Harus Dibawa Untuk Pendaftaran BPJS:
1. Menyodorkan/ melihatkan KK asli dan foto copy (1 lembar)
2. Menyodorkan/ melihatkan KTP asli atau Akta Kelahiran asli dan foto copy (1 lembar)
3. Foto copy buku rekening Bank untuk BPJS Kelas 1 dan 2. Kelas 3 tidak perlu
4. Siapkan Nomor HP aktif dan alamat email.

Biaya BPJS Terbaru:
1. Kelas 1 Rp. 80.000
2. Kelas 2 Rp. 51.000
3. Kelas 3 Rp. 35.000.

Langkah Selanjutnya:
Setekah Anda menyerahkan persyaratan tersebut dan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan sudah beres silahkan tunggu di rumah. Nanti Anda akan mendapatkan email atau telepon kapan harus membayar iuran BPJS baik Kelas 1, Kelas 2, dan Kelas 3.

Kartu BPJS Dikirim Via POS Indonesia
Setelah melakukan pembayaran nanti kartu BPJS Kesehatan tidak diambil di kantor melainkan dikirimkan langsung ke rumah Anda via POS Indonesia. Ini merupakan terobsan baru BPJS Kesehatan di tahun 2017.


EmoticonEmoticon