Site and learn your application

Pemasangan Access Point LiteBeam M5 Sebagai Penunjang Ngeblog

Salah satu hambatan terbesar bagi seorang blogger adalah akses internet, hal ini seperti yang dialami Admin indoamaterasu. Mencoba menekuni dunia blog sejak tahun 2014 yang lalu hingga saat ini tahun 2017 selalu terkendala akses internet.

Awal ngeblog menggunakan paketan Telkomsel Simpati Loop dan Simpati Regular 24 jam penuh 2 GB. Ternyata paketan tersebut cukup menyiksa dan menguras kantong, bagi Admin kuota sebesar 2 GB habis dalam waktu 3 hari. Sedangkan menggunakan Simpati Loop harus ngeblog mulai tengah malam hingga jam 9 pagi, alhasil nggak pernah tidur malam hehe.

Access Point LiteBeam M5

Beberapa bulan kemudian ganti menggunakan Telkom Speedy yang pemasangannya patungan dengan tetangga. Yang megang Wireless N Router adalah tetangga, jadi yang lain tinggal join dengan SSID yang dibuatnya. Lama-kelamaan lemot juga menggunakan jaringan internet milik Telkom ini. Soalnya penghantarnya masih menggunakan tembaga kemudian dibagikan dengan Wireless.

Berkali-kali mencari referensi Internet Service Provider selain Telkom namun hasilnya nihil. Di Trenggalek yang ada cuma Telkom, macam Biznet, Fastnet nggak ada di sini. Meskipun depan rumah ada kabel Telkom ragu memasang Indihome. Telkom menerapkan kuota bukan unlimited seperti dulu, untuk kebutuhan ngeblog dan download pasti cepat habis.

Keputusan terakhir ganti menggunakan paket Gold, namun ISP nya tetap Telkom. Bedanya bila Telkom biasa mewajibkan memasang internet lengkap dengan telepon dan paketan UseeTV sedangkan paket Gold murni untuk akses internet cepat.

Untuk mendapatkan paket Gold harus membeli akses poin yang dipancarkan melalui tower-tower yang dipasang di gunung. Akhirnya membeli produknya Ubiquiti LiteBeam M5 dengan harga 700 ribuan. Untuk memancarkan internet rumahan memilih Wireless N Router Netis WF2411E dengan harga 150 ribuan.

Harga ISP Telkom Gold 1,5 MB 150 ribu, pembawayarannya bisa transfer langsung ke pengelola ISP atau ada petugas yang datang ke rumah untuk menagih tiap akhir bulan. Ya mudah-mudahan akses poin ini awet digunakan untuk ngeblog dan membawa rezeki, amien.

0 comments:

Post a Comment

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Tips Komputer

AdSense

Xiaomi