Wednesday, September 6, 2017

Solusi Apache Tida Bisa Running di XAMPP Windows

Xamp adalah software atau perangkat lunax yang fungsinya untuk membuat server secara ofline khususnya digunakan dalam pembuatan website. Jadi Anda dapat membangun website menggunakan beberapa Content Management System (CMS) seperti Wordpress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya melalui Xampp.

Xampp dapat berjalan di platform Windows, Linux, dan Mac OS. Modul yang sering dipakai adalah Apache, MySQL, dam FileZilla, jadi ketiga modul ini harus bisa running baru dapat mengaktifkan localhost. Namun bila mempunyai masalah saat menjalankan Xamppp seperti Apache tidak bisa running di Windows jangan panik dulu, berikut ini akan dijelaskan cara mengatasinya.
Contoh pesan error Apache pada Xampp
Contoh pesan error Apache pada Xampp

Sebelum menuju ke solusi permasalahan sebaiknya pahami dulu pengertian Apche, MySQL, dan FileZilla:

Apache
Apache adalah sebuah web server open source,jadi semua orang dapat menggunakannya secara gratis,bahkan anda bisa mengedit kode programnya.fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web yang benar sesuai dengan yang dibuat oleh seorang web programmer,dengan menggunakan kode PHP.

MySQL
MySQL adalah sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP.PHP juga mendukung pada Microsoft Access,Database Oracle,d-Base,dan sistem manajemen database lainnya. SQL {Structured Query Language} adalah bahasa terstruktur yang digunakan secara khusus untuk mengolah database.dan MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database.

FileZilla
FileZilla adalah sebuah perangkat lunak berbasis open source yang biasa digunakan untuk melakukan transfer data dari dan ke akun web hosting. Berikut kami informasikan bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut.

#1. Cari Penyebab Kegagalan Apache Tidak Mau Running di Xampp
Ketika Anda menjalankan Apache tidak mau running pasti muncul pesan error pada kotak dialog Xampp. Silahkan baca dan pelajari apa yang tertulis sehingga Apache tidak bisa running, misalnya:
You need to uninstall/disable/reconfigure the blocking application
Pada umumnya sebuah server untuk membangun sebuah host/website, membutuhkan dua port yaitu: port 80 dan port 443. Mari lihat, buka Xampp control panel, kemudian kalian buka Netstat pada Xampp. Apa kegunaan Netstat pada Xampp? Netstat berguna sebagai aplikasi yang memonitor Socket pada komputer kita. Netstat mampu melihat Address dan Port yang sudah terpakai pada komputer. Kita lanjut kepembahasan. Sebelumnya, kalian buka terlebih dahulu Netstat pada Xampp control panel seperti gambar dibawah ini.
vmware-hostd.exe

Artinya ada aplikasi yang sama-sama menggunakan port bentrok dengan Xampp. Ternyata setelah dianalisis penyebabnya adalah komputer terpasang VMware. Lalu apakah harus uninstall VMware? tidak, cukup matikan sementara portnya melalui task manager Windows.

#1. Cara Memperbaiki Apache Tidak Running di Xamp Windows:
1. Tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan untuk masuk Windows Task Manager
2. Matikan VMware-hostd.exe caranya pilih kemudian klik kanan end task
Windows Task Manager

3. Coba jalankan Apache
4. Kini Anda berhasil menjalankan Apache di Xampp Windows.


EmoticonEmoticon