11/30/2017

13453 Daerah Sasaran GGD (Guru Garis Depan) Tahun 2018

Berdasarkan lampiran keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 80/P/2017 tentang Penetapan Daerah Khusus Tahun 2017 ternyata ada 13453 desa di seluruh kota/ kabupaten Indonesia sebagai sasaran penempatan Guru Garis Depan (GGD). Penetapannya pada akhir tahun 2017 dan pelaksanaan pada tahun 2018.

Rencananya di tahun 2018 mendatang, Kementrian Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi akan membuka pendaftaran CPNS/ ASN untuk jalur umu dan jalur khusus. Rekrutmen GGD termasuk jalur khusus seleksinya berada di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, bukan ikut seleksi CPNS daerah.
13453 Sasaran Daerah GGD (Guru Garis Depan) Tahun 2018

Meski dibawah Kemdikbud namun setelah dinyatakan di terima sebagai PNS statusnya adalah PNS daerah sesuai dengan penempatannya. Seleksi CPNS GGD yang akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang adalah yang ketiga kalinya, seleksi pertama tahun 2014 dan seleksi kedua tahun 2016.

Yang diperbolehkan mengikuti tes CPNS jalur khusus adalah mereka yang telah memiliki sertifikat pendidik melalui PPG Prajabatan seperti PPG SM-3T, PPG SMK Kolaboratif, dan PPG Pemuda Berprestasi.

Kalau dilihat dari lampiran penetapan daerah khusus ini penyebarannya sangat merata bila dibandingkan GGD angkata I dan angkatan ke II yang terpusat di luar Jawa. Kini di pulau Jawa juga ada terutama daerah khusus yang kekurangan tenaga guru.

Cuplikan rincian sasaran GGD 3
Cuplikan rincian sasaran GGD 3

Tentu ini merupakan kesempatan bagus bagi pemegang sertifikat pendidik prajabatan untuk berkompetisi memperebutkan kursi CPNS GGD melalui jalur khusus. Untuk itu siapkan diri Anda belajar semaksimal mungkin supaya lolos PNS GGD.

Informasi selengkapnya mengenai daerah sasaran GGD jalur khusus tahun 2018 silahkan download melalui link berikut ini.


EmoticonEmoticon