Thursday, November 9, 2017

Akhirnya CB150R Kembali Menggunakan Gear Ukuran Standar 15-46

Sebelumnya Admin telah menulis artikel tentang Pengalaman Menggunakan Gear Set CB150R Ukuran 428 15-47, ada suka dan duka ketika menggunakan gear depan 15 dan belakang 46 dan ini adalah lanjutkan dari artikel tersebut.

Kurang lebih selama 3 minggu menggunakan gear set 15-47 dan akhirnya memutuskan untuk kembali menggunakan gear seat standar ukuran 15-46. Sebenarnya tidak ada niatan untuk merubah gear belakang 46 menjadi 47, soalnya pada saat itu yang tersedia stoknya hanya ukuran 47 dan 48 sedangkan yang 46 habis.
Akhirnya CB150R Kembali Menggunakan Gear Ukuran Standar 15-46

Admin pikir hanya selisih 1 mata gear saja pengaruhnya tidak terlalu signifikan, ternyata dilapangan hasilnya sangat terasa. Setalah diganti menggunakan ukuran 15-47 tarikan bawah memang enteng, akselerasi meningkat, cocok untuk salip menyalip jarak pendek. Buat naik gunung mau tingginya seberapapun dilibas.

Honda CB150R yang kenceng di gigi 1 hingga 5 sedangkan gigi 6 ambles ketika menggunakan gear belakang 47 tenaganya mau mengisi. Pokoknya enak banget mengubah gear set standar menjadi 15-47. Tidak enaknya adalah nafas antara giri 1 hingga gigi 3 jadi pendek, sedangkan untuk gigi 4-6 cukup panjang.

Kalau nafasnya pendek berarti torsinya sangat tinggi sehingga mesin terasa bergetar. Karena Admin masih menggunakan ban standar CB150R untuk depan 100/80-14 dan belakang 130/70-14 akhirnya kembali menggunakan gear set standar 15-46.

Alasannya kenapa kembali menggunakan ukuran standar? tidak lain adalah untuk mengurangi getaran mesin. Tidak apa-apa akselerasinya menurun namun mesin tidak bergetar dan top speed masih tinggi. Pertimbangan lain adalah motor CB150R milik Admin juga jarang digunakan untuk naik tanjakan, lebih banyak di daratan.

Meskipun tinggal di daerah yang diapit beberapa pegunungan namun masih sering dipakai di daratan. Mungkin najaknya sebulan sekali yaitu pergi ke pantai Prigi, Trenggalek. Merek gear set yang dipakai adalah SSS (Triple S).

Berdasarkan hasil review dan saran dari beberapa mekanik motor, gear set yang awet adalah merek SSS. Gear ini sering dipakai diajang lomba balap motor dan yang terpenting lagi adalah mempunyai durabilitas pemakaian yang tinggi.

Misalnya menggunakan gear buatan AHM bertahan hingga 1 tahun, ketika menggunakan gear SSS bisa 1, 5 tahun lebih. Nilai tambah dari gear SSS adalah tidak berisik, suara rantai halus banget seperti motor matik hehe.


EmoticonEmoticon