Thursday, November 9, 2017

Merek Gear dan Rantai Motor Yang Paling Bagus dan Awet

Merek atau brand dari gear dan rantai speda motor yang ada di pasaran banyak sekali. Masing-maing pabrikan bahkan memproduksi gear dan rantai untuk motor yang telah dijualnya. Gear dan rantai disebut juga dengan istilah gearset.

Gear bawaan pabrikan rata-rata paling lama 1 tahun dan itupun juga tergantung dari berapa KM yang telah ditempuh. Kalau motor jarang dipakai ya bisa awet hingga 2 tahun, kalau sering dipakai bisa kurang dari 1 tahun.

Kelemahan gear set buatan pabrikan adalah tingkat kenyamanannya. Ukuran gear belakang semakin lebar maka suara berisik yang dihasilkan semakin keras. Makanya jangan heran bila Anda mempunyai motor sport dengan ukuran gear lebar suaranya berisik sekali.

Gear set buatan pabrikan motor juga masih menggunakan pelumas basah, bila Anda tidak rajin melumasi dan membersihkan rantai maka gear setnya jadi hitam. Bila Anda mempunyai uang lebih sebaiknya pilih gear set yang awet dan tidak gampang aus.

Berikut ini ada beberapa merek gear yang bagus dan tahan lama berdasarkan review para pengguna yang telah menggunakan produk tertentu. Untuk gear ada 2 yaitu SSS dan Sinop, sedangkan untuk rantai bisa menggunakan SSS atau RK Racing.

SSS (Triple S)
Gear set merek SSS berasal dari Malaysia, bukan buatan lokal Indonesia. Kita harus mengakui kalau produk buatan negara sebelah ini lebih baik dari bawaan pabrikan motor. Mereka yang telah menggunakan gear set SSS rata-rata mengatakan puas.

Tidak ada namanya berisik pada rantai, keawetan gear juga terjamin. Untuk penggunaan harian, bukan turing jarak jauh bisa bertahan hingga 1,5 tahun ke atas. Ciri dari gear set SSS adalah ada stiker SSS It's Racing.

Gear set tersedia dalam berbagai ukuran dan hampir semua motor yang ada di Indonesia gear setnya tersedia di SSS. Jarang ada orang ganti gear SSS karena rusak, Biasanya karena mau ganti rasio. Rantainya sangat bagus tersedia dalam berbagai pilihan warna, yang paling banyak dipakai adalah warna gold (emas). Teknologi rantai yang dipakai adalah solid bushing, silahkan Googling mengenai teknologi ini.

SSS menawarkan harga yang bersahabat, untuk gear set ukuran 428 15-45 dikenakan biaya Rp. 400.000. Untuk ukuran gear dibawahnya harganya lebih murah dari yang disebutkan tadi. Kelemahan gear ini terletak pada beratya, karena dilapisi baja jadinya kerasa berat. Oiya SSS tidak menyediakan garansi lho, jadi sulit sekali membedakan produk yang asli dan tiruan.

Kelebihan product SSS:
1. Gearset paling awet dan paling tahan lama
2. Menambah jauh performa motor
3. Mengubah ratio gear untuk penambahan akselerasi/ topspeed sesuai selera
4. BBM lebih hemat
5. Product quality diatas original
6. Pemakaian 20.000 km (well maintenance)
7. Menambah estetika motor
8. Warna Gear/ Rantai tidak pudar.

SINNOB

SINNOB menawarkan kenyamanan pengguna dan pilihan arna yang atraktif, suara yang minim, pelindung gear, dan panas yang dihantarkan minim. Semua kualitas gear SINNOB adalah sama dan yang membedakan adalah kualitas rantainya.

SINNOB dijual satu paket lengkap (gear belakang, depan, dan rantai). Yang membedakan tipe Comfort dan Premium adalah rantainya. Dalam membeli, telitilah dan selalu minta garansi toko, karena SINNOB memang menyediakann garansi selama tiga bulan.

Informasi selengkapnya tentang prosuk SINNOP silahkan lihat di sini http://www.sinnob.com.

Rantai SSS
SSS tersedia dalam beberapa tipe rantai. Antara lain, Standard, SB, dan, HSBT. Standard chain adalah rantai berwarna standard, rantai ini khusus untuk motor bebek. Namun rantai ini memiliki kekuatan sudah diatas bawaan standard motor bebek. Standard chain tersedia dalam tip 420 dan 428. Masing2 tersedia paling panjang sampai 108, dan 112 mata rantai.

Selanjutnya ada rantai SB. SB berarti solid bushing. Bushing bisa disebut juga as. Posisi bushing jadi tempat masuknya pin. Solid bushing berarti bushing yang dibikin seperti pipa. Jenis bushing yang biasa seperti pelat ditekuk jadi seperti pipa. Rantai SB ini warnanya gold. Bahannya sama dengan rantai HSBT namun platnya lebih tipis. Rantai SB tersedia dalam tipe 428 (110 dan 130 mata rantai).

Baca: Memasang Gear SSS Belakang Jangan Sampai Kebalik Ya!

Rantai terkuat dari SSS yang paling banyak diminati adalah HSBT. HSB berarti Heavy Solid Bush dengan T yang artinya grease (gemuk kering). Jadi artinya HSBT adalah rantai Heavy duty dengan grease yang bertujuan agar kualitas rantai terjaga dan selama penggunaan awal tidak perlu dilumasi. Rantai HSBT ini tersedia tipe 415 (110, 120, 130 mata rantai ), 428 ( 120, 130, 140 mata rantai ), dan, 520 ( 110, 120, 124 mata rantai).

Rantai HSBT pelat dalamnnya lebih tebal dibanding rantai SB. Karena pelat dalam lebih tebal, rantai berkode HSBT punya daya tahan minimum tarikan beban 2,5 ton, sedang kalau tanpa kode H minimum ketahanan tarikan bebannya 1,70 ton.

Pilihan Warna Rantai SSS:
1. Untuk tipe 415 tersedia warna gold, silver, red, blue, green, yellow, orange, pink, purple, white
2. Untuk tipe 428 tersedia dalam semua warna diatas kecuali silver
3. Untuk tipe 520 hanya tersedia warna gold.

Urutan kualitas Rantai SSS:
1. SSS HSBT
2. SSS SB
3. SSS STANDARD CHAIN

Rantai RK Takasago
RK Takasago menyediakan beberapa tipe rantai yaitu HSLT, KRO, dan, XSO. RK tipe HSLT hampir sama dengan SSS HSBT. Namun huruf L berarti Lighter yang berarti lebih ringan. HSLT memiliki plat luar dan dalam yang lebih lebar dibanding HSBT. HSLT tersedia tipe 415 (110, 120, 130 mata rantai) dan 428 ( 120, 130, 140 mata rantai ). Warna yang tersedia adalah Gold.

RK tipe KRO adalah tipe rantai yang menggunakan seal Oring yang bertujuan menyimpan gemuk di dalam bushing. Selain mampu meredam suara rantai, rantai ini juga sangat kuat sehingga sangat sulit untuk longgar. Oring itu fitur dr rante, yg mana antar plat nya ada seal karet pemisah, jadi plat tidak saling bergesekan dan juga seal akan menympan pelumas di dalam nya, alhasil rante selalu terlumasi. Saking kuatnya, pengguna biasa melakukan setelan rantai setelah penggunaan selama 2 tahun. KRO tersedia dalam tipe 428 ( 124 dan 128 mata rantai ) serta tipe 520 ( 124 mata rantai ). Warnanya gold.

RK tipe XSO merupakan salah satu tipe rantai terkuat di dunia. X ring teknologinya seperti O ring yang juga punya karet di dalam rantai tapi penampang karetnya berbentuk X yang membuat karet ini lebih sulit putus dibandingkan O ring. Sehingga kekuatan rantai XSO ini jauh diatas Oring. Tersedia tipe 520.

Baca: Akhirnya CB150R Kembali Menggunakan Gear Ukuran Standar 15-46 

Bagian penting lain yang perlu diperhatikan bukan cuma tipe, tapi juga jumlah mata rantai. Sebab jumlah mata rantai sangat berhubungan dengan panjang dimensi lengan ayun motor yang gir setnya dipakai. Kalau kepanjangan masih bisa dipotong. Trus, dikunci deh pakai sambungan rantai yang kekuatannya tidak berkurang. Tapi, kalau kependekan, disambung pakai potongan rantai lain pastinya akan sangat riskan. Soalnya, kekuatan pin penghubung mata rantai bakal tidak sekuat aslinya. .

Urutan kualitas Rantai RK Takasago:
1. RK TAKASAGO XSO X RING
2. RK TAKASAGO KRO O RING
3. RK TAKASAGO HSLT

Kesimpulan
Kedua produk ini menyasar market yang berbeda. SSS mengedepankan variasi ukuran gear dan tahan lama. Dan SINNOB menawarkan estetika serta kenyamanan, lebih mahal juga.


EmoticonEmoticon