Tuesday, November 7, 2017

Pengalaman Menggunakan Gear Set CB150R Ukuran 428 15-47

Honda New CB150R atau CB150 Facelit memiliki ukuran gear set standar 15 untuk depan dan 46 untuk gear belakang serta panjang rantai bawaan CB150R adalah 126 mata rantai. Gear set adalah keseluruhan antara gear depan, gear belakang, dan rantai. Ketika berniat untuk mengganti gear disarankan untuk mengganti secara keseluruhan.

Misalnya gear depan dan belakang CB150R mulai runcing maka ketika mengganti yang baru usahakan bersama rantainya juga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silahkan gunakan merek yang sama. Bisa mengganti dengan part original Honda atau merek lain seperti SSS (Triple S).
Pengalaman Menggunakan Gear Set CB150R Ukuran 428 15-46


Berdasarkan review merek gear set yang bagus adalah SSS. Gear SSS bisa dipadukan dengan rantai merek RK Racing atau menggunakan produknya SSS. Harganya memang lebih mahal dari bawaan Honda namun kemahalannya terbayar lunas dengan hasilnya.

Tidak ada bunyi kresek-kresek, suara rantai tidak berisik seperti naik motor matik. Pokoknya puas banget mengganti gear set SSS untuk Honda New CB150R. Admin sendiri juga pemilik si Cibi, karena gear setnya habis akhirnya memutuskan mengganti dengan ukuran 15-47.

Kenapa tidak menggunakan ukuran standar? karena lokasi Admin ada di daerah pegunungan sehingga membutuhkan motor yang tarikannya ringan untuk tanjakan. Selain itu bobot Admin diatas 80kg jadi motor terasa berat menggunakan gear bawaan.

Baca: Review Penggunaan Gearset SSS CB150R Ukuran 428 15-47

Percaya dan tidak percaya menambah atau mengurangi ukuran gear set motor dapat mempengaruhi akselerasi dan top speednya. Beriku ini adalah review pengalaman mengganti gear set CB150R dengan ukuran 428 15-46.
Gear Set CB150R Ukuran 428 15-47
Admin membeli gear set SSS ini secara online melakui Bukalapak. Setelah melakukan order 2 hari kemudian gear beserta rantainya telah sampai. Begitu paket diterima langsung dibawa si Cibi ke bengkel untuk mengganti gear setnya.

Sempat ketar-ketir mengenai ukuran panjang rantai, karena yang dibeli panjangnya 130l atau 130 mata rantai sedangkan bawaan CB150R adalah 126 mata rantai. Karena gear belakang naik 1 tingkat secara otomatis panjang rantai bertambah.

Setelah dipasang ternyata ukuran rantai 130l masih motong 4 mata rantai. Posisi AS roda belakang dimajukan pol ke depan, kemudian dipotong rantainya menggunakan gerinda. Maklum di sini tidak ada bengkel yang mempunyai alat pemotong khusus rantai.

Kesan pertama setelah gear set diganti adalah tarikannya enteng sekali, untuk akselerasi naik. Cocok digunakan untuk salip menyalip karena tarikannya enteng sekali. Biasanya kalau menggunakan gear set masuk gigi 6 ambles, kini setelah diganti 15-47 di gigi 6 dapat ngisi. Buat naik tanjakan sendiri dan berboncengan juga oke, nggak ada ceritanya mundur. Yang biasanya menggunakan gigi 1 untuk tanjakan tinggi kini cukup di gigi 2.

Ada kelebihan pasti ada kekurangannya, nggak enaknya adalah nafas motor terlalu pendek untuk jalan lurus. Kalau niatnya untuk memburu motor kecepatan tinggi di trek lurus seperti pantura tidak direkomendasikan menggunakan ukuran gear set 15-47 mendingan 15-46 saja. Karena akselerasinya meningkat, kondisi mesin gampang getar di RPM tinggi untuk gigi 1 hingga 3.

Demikianlah informasi penggunaan gear set CB150R ukuran 428 15-47, semoga dapat memberikan gambaran mengenai ukuran gear ini. Bila ada yang ingin dipertanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar berikut ini.


EmoticonEmoticon