Site and learn your application

12/05/2017

Tidak Direkomendasikan Membersihkan Rantai Kering Dengan Minyak

Rantai (chain) adalah sparepart sepeda motor yang fungsinya untuk menggerakkan ban belakang dari hasil putaran mesin. Di pasaran dijual beragam jenis rantai sepeda motor, ada yang namanya rantai basah yang harus dilumasi dengan oli atau rantai kering tanpa pelumas.

Rantai basah kualitasnya tidak sebagus rantai kering karena harganya cukup terjangkau. Semua rantai bawaan pabrikan motor menggunakan jenis rantai basah, sedangkan rantai kering harus beli sendiri di toko variasi dan sparepart motor balap.
Rantai motor kering

Menggunakan rantai basah harus rajin melumasi dengan oli atau minyak khusus kalau tidak maka suaranya berisik dan tidak nyaman ketika dinaiki. Sedangkan rantai kering suaranya halus karena didesain khusus untuk balapan dengan durabilitas pemakaian yang tinggi.

Beberapa hari yang lalu Admin melihat tayangan Youtube tentang cara membersihkan rantai. Kebetulan rantai yang digunakan adalah SSS (Triple S), rantai ini jenis kering. Dalam tayangan tersebut menggunakan pembersih solar dan sunlight yang dicampur menjadi satu kemudian rantai direndam selama beberapa menit.

Untuk membersihkan secara sempurna dengan menyikat rantai tersebut hingga bersih. Katanya sih menggunakan solar dan sunlight bahan bagus pembersih rantai. Memang sih rantainya bisa kinclong seperti baru, masalahnya pelumas bawaan rantai pada hilang.

Baca: Merek Gear dan Rantai Motor Yang Paling Bagus dan Awet

Secara sengaja maupun tidak membersihkan rantai kering dengan tipe pelumas lengket bawaan rantai menggunakan cairan solar akan menghilangkan pelumas bawaan rantai. Akibatnya rantai kering tanpa pelumas apapun.

Apakah cara ini benar? silahkan cermati dan tuliskan pendapat Anda melalui kolom komentar berikut ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tidak Direkomendasikan Membersihkan Rantai Kering Dengan Minyak

0 comments:

Post a Comment