Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Baik

Hard Disk Fujitsu
Kebutuhan terhadap hard disk external bagi pengguna laptop semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut tentu saja didalangi oleh terbatasnya kapasitas hard disk internal di dalam laptop tersebut. Terlebih, hard disk di dalam laptop juga lebih sulit diganti dibandingkan dengan hard disk untuk PC. Namun memilih hard disk external bukanlah hal yang mudah karena kamu harus benar-benar memperhatikan kualitasnya agar tidak mengecewakan. Lantas hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah hard disk drive (HDD) external yang bagus?

Mac atau PC

Sistem operasi OS X dan windows menggunakan file system yang berbeda (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD external khusus untuk kedua platform tersebut. Walaupun OS X dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun kamu tidak dapat mengedit atau menulis di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan di sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan.

Kapasitas

Untuk mengetahui berapa kira-kira kapasitas hard disk yang kamu butuhkan, coba gunakan perhitungan mudah ini: sebuah hard disk berkapasitas 500 GB akan menampung sekitar 100 ribu foto yang diambil dengan kamera 6 MP dan 125 ribu lagu dengan kualitas 128-kbps MP3. Foto dan musik yang berkualitas lebih tinggi tentu saja akan membutuhkan kapasitas lebih besar.
Dari perkiraan tersebut kamu harus bisa memperhitungkan berapa kapasitas yang kamu butuhkan sehingga kamu tidak membeli hard disk dengan kapasitas yang lebih rendah dari kebutuhan. Sementara jika kamu memiliki uang lebih, maka sangat disarankan untuk membeli hard disk external dengan kapasitas yang cukup besar karena pastinya akan kamu butuhkan suatu saat nanti.

Kecepatan Rotasi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kecepatan rotasi dari sebuah piringan hard disk karena hal tersebut sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca datanya. Sebuah hard disk yang berputar pada kecepatan 7200 rpm akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang hard disk 5400 rpm. Bahkan beberapa hard disk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 rpm.

Konektivitas

Setelah kamu menentukan kapasitas serta kecepatan hard disk yang kamu inginkan, sekarang saatnya menentukan bagaimana hard disk tersebut tersambung ke komputer. Saat ini kebanyakan hard disk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. USB 3.0 mampu menghadirkan kecepatan 5 gbps yang jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0 sebesar 480 mbps. Menariknya, USB 3.0 juga tetap dapat digunakan pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0.
Terdapat juga hadi disk yang menggunakan koneksi lewat port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Semua laptop dan komputer terbaru dari Apple sudah menyediakan port thunderbolt, dan beberapa laptop Windows juga sudah mulai menyediakannya. Sayangnya, harga hard disk dengan koneksi thunderbolt ini masih sangat mahal untuk saat sekarang ini.

HDD Encloure

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cover penutup dari hard disk external tersebut. Jika kamu hanya menggunakannya di rumah atau sekedar di bawa ke sekolah, maka cukuplah hard disk dengan pelindung biasa saja karena harganya lebih murah. Namun jika kamu merupakan seorang petualang, maka tentu saja kamu harus memilih hard disk yang ringan dan juga memiliki pelindung yang kuat dari bahan karet atau sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena goncangan.

Fitur

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan ketika memilih hard disk external adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Post a Comment for "Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Baik"