Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Pengetian Bottleneck VGA dan Prosesor

Pernahkan Anda menjumpai atau mendengar istilah bottleneck pada web atau forum yang membahas tentang Graphic Card (VGA Card). Lalu apa sebenarnya arti dari bottleneck itu sendiri?? untuk menjawabnya sebaiknya Anda paham dulu pengertiannya.

Bottleneck bila diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara 'kasar', artinya adalah penyempitan jalur. Lihat saja leher botol, selalu menyempit daripada badannya. Perumpamaan ini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Tidak dalam dunia yang berhubungan dengan komputer saja yang memakai istilah bottleneck.
AMD R9 290X

Dunia pergitaran juga. Ketika diterapkan dalam lalu lintas, bottleneck adalah penyempitan lebar jalan dari kondisi lebar jalan yang normal di salah satu titik/ ruas jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan atau perlambatan arus lalu lintas. Sebagai contoh misalnya jalur/ pintu tol. Atau bayangkan saja jalan raya yang melewati pasar tumpah pada saat arus mudik.

Bottleneck Pada Hardware Komputer
Tidak ada yang menginginkan terjadinya bottleneck. Namun kondisi ini bisa terjadi pada seluruh komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah kompter itu bekerja secara optimal.

Bagaimana tidak? Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang katakanlah bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau, spesifikasinya tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Pengertian Bottlenek Antara VGA dan Prosesor
Pada forum yang membahas tentang graphic card banyak yang menanyakan apakah prosesor yang digunakan dengan spesifikasi VGA yang akan digunakan terjadi bottleneck. Dalam kasus ini contohnya:

Prosesor: Intel Dual Core (Haswell)
RAM: DDR 3 2x4 GB Kingston
VGA: AMD R9 290X

Pada contoh di atas menggunakan Prosesor sedang, RAM cukup besar, dan VGA sangat mumpuni. Kemungkinannya bisa terjadi bottleneck karena perfoma RAM dan VGA Card tidak akan berjalan maksimal dengan prosesor dual core.