Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Tera Byte (TB) Yang Paling Tinggi

Apakah Anda mengira Tera Byte yang paling tinggi dan diatasnya sudah tidak ada lagi? Ternyata diatas satuan Tera Byte (TB) masih ada lagi. Hems penasaran satuan apa saja diatas Tera Byte, silahkan baca ulasannya berikut ini.

Istilah Kylo Bite (KB), Mega Byte (MB), Giga Byte (GB), dan Tera Byte (TB) sering dipakai dalam dunia komputer untuk satuan kapasitas penyimpanan. Dalam hal ini storage device atau Harddisk, USB Flashdisk, dan Memory Hape. Satua tersebut juga digunakan untuk mengukur kecepatan internet dengan membagi persedtik atau /S (Second). Misalnya kecepatan 2MB/ S.
Apakah Tera Byte (TB) Yang Paling Tinggi

Istilah kilobyte dan megabyte sering kita dengar belakangan ini. Saat pertama teknologi mulai diperkenalkan, sebuah kartu memori SD (SD card) berukuran paling kecil 512 kb. Sekarang mencapai 512 Mb. Lalu apa ukuran lainnya? Leong Kam Hong, selaku Direktur Produk untuk Solusi Penyimpanan dalam Lini Bisnis Systems di Oracle Corporation, menjelaskan jika untuk penyimpanan data, Oracle baru mampu membuat produk yang paling kecil, mencakup 7,2 terabytes, sementara kapasitas maksimumnya dua petabytes atau setara 1.000 terabytes.

Baca: Mengenal Satuan Kapasitas Penyimpanan KiloByte, MegaByte, GigaByte, TeraByte, zettaByte, ExaByte, YottaByte, BrontoByte, dan GeopByte

Kam Hong menjelaskan istilah komputasi ruang disk di atas terabytes yaitu exabytes, yang kemudian di atasnya lagi baru zettabytes. "Di atasnya zettabytes ada lagi, yaitu yottabytes," ungkapnya. Saat ini, istilah memori data tertinggi baru mencapai yottabytes. Namun, menurutnya, akan ada istilah baru lagi di atas yottabytes, seiring kebutuhan pengguna dalam memenuhi penyimpanan datanya.

"Di atas yottabytes itu ada brontobyte, kemudian ada lagi geopbyte," kata dia. Saat ini manusia sudah memasuki zaman teknologi, dimana semua perangkatnya sudah terintegrasi dengan internet, mulai dari smartphone hingga rumah sekalipun. Sering kali kita membutuhkan memori dengan kapasitas maksimum untuk menyimpan data, baik dari data kerjaan maupun hasil berseluncur di dunia maya.

Untuk sekarang, mungkin kita baru mengenal terabytes yang merupakan salah satu istilah komputasi untuk membaca ruang disk atau memori. Terabytes sering kita jumpai di perangkat seperti hardsik eksternal maupun internal. Perusahaan penyediaan software database itu memprediksikan bahwa di tahun 2020 akan terjadi lonjakan penyimpanan data atau storage hingga 50 kali lipat dibandingkan saat ini.

Diprediksi pada tahun 2020 penyimpanan data secara global akan menampung sekitar 40 zettabytes atau sama dengan 40 juta terabytes. Ketika disinggung mengenai akan ditingkatkan penyimpanan data maksimum oleh Oracle, Kam Hong mengatakan pihaknya masih belum memikirkannya.

Post a Comment for "Apakah Tera Byte (TB) Yang Paling Tinggi"