Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Convert Video Dengan Ukuran Kecil Namun Kualitas Videonya Tetap Jelas

Sesuai dengan judul artikel di atas, yaitu cara convert video dengan ukuran kecil namun kualitas videonya tetap jelas. Kenapa harus convert video? tidak lain tujuannya supaya ukuran video tersebut kecil sehingga cukup di simpan di USB Flashdisk dan atau untuk upload video di Youtube. Semakin kecil ukuran video maka semakin cepat proses upload video di Youtube.

Bagi mereka yang berkecimpung di Youtube harus memahami cara ini supaya gambar video yang dihasilkan tetap jelas namun ukurannya kecil. Diluar sana banyak aplikasi convert video gratis dan berbayar. Namun setelah dicoba satu-persatu hasinya sama, yaitu Hancur. Mau ukuran kecil malah hasilnya gambarnya pecah, suara nggak jelas dan lain sebagainya.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan aplikasi perekam aktivitas dekstop komputer yaitu Camtasia Studio. Hingga saat ini yang terbaru menginjak versi Camtasia Studio 8. Aplikasi ini mempunyai kemampuan merekam aktivitas di layar komputer dengan dibekali edit video sederhana. Nah kemampuan tool edit video inilah yang dapat digunakan untuk convert video ukuran kecil dengan kualitas video yang tetap bagus.

Cara convert video dengan ukuran kecil menggunakan Camtasia Studio 8:

1. Contoh video Goyang Dumang yang akan di convert. Video tersebut mempunyai ukuran 49.8 MB

2. Buka aplikasi Camtasia Studio, kemudian Import Media

3. Pilih video yang akan Anda convert

4. Drag video ke Track 1 seperti pada gambar di bawah ini

5. Produce and Share, pilih ukuran resolusi file video

6. Beri nama file video hasil convert

7. Tunggu proses rendering video sampai selesai, kemudian lihat hasilnya. Kapasitas video hasil convert menjadi kecil.