Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tensor Processing Unit, Prosesor Terbaru Milik Google

Apa yang terlintas dalam otak Anda bila mendengar Google membuat Prosesor? Google membuat Chip? pasti luar biasa bukan? Ini membuktikan Google rajanya mesin pencari dan teknologi masa kini. Perusahaan tersebut telah berkembang pesat dengan melebarkan sayap bisnisanya diberbagai bidang, seperti Android, Youtube, dan yang tebaru Chip Prosesor.

Masih ingat software komputer AlphaGo yang sukses menekuk juara game Go asal Korea Selatan, Lee Se-dol? Program kecerdasaran buatan alias artificial intelligence (AI) itu ternyata punya senjata rahasia berupa chip yang dirancang khusus oleh Google.

Chip yang dikembangkan secara rahasia dalam tiga tahun terakhir ini mempercepat AI yang bertanding dalam kompetisi game Godan membuatnya mampu mengantisipasi jalannya pertandingan. Google memang khusus membikin chip bernama Tensor Processing Unit tersebut untuk membantu pengembangan artificial intelligence, terutama machine learning yang semakin besar peranannya di layanan-layanan raksasa internet itu.

Tensor Processing Unit diklaim 10 kali lebih kencang dibandingkan prosesor lain dalam hal machine learning.  Google saat ini memakai machine learning di lebih dari 100 program yang tersebar di berbagai kategori aplikasi, termasuk search, voice recognitin, dan mobil tanpa sopir.  Semua teknologi tersebut membutuhkan solusi chip yang cukup berkinerja untuk menangani berbagai kalkulasi rumit, sambil tetap menekan konsumsi daya dan biaya yang diperlukan.

Chip bikinan Google menggantikan sebagian chip buatan vendor lain, seperti Intel dan Nvidia yang sebelumnya dipakai Google. Namun, pabrikan ini tak merinci berapa besar porsi yang diambil alih oleh chip buatannya sendiri. Google mulai memakai chip Tensor Processing Unit pada April 2015 untuk mempercepat kerja layanan StreetView dalam membaca aneka informasi rambu jalan dari basis data gambar yang sudah direkam. Chip ini juga dipakai untuk membuat urutan hasil dalam Googlee search, pemrosesan foto, speech recognition, serta penerjemahan bahasa.

Post a Comment for "Tensor Processing Unit, Prosesor Terbaru Milik Google"