Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dibuka Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2017, Lulus Kuliah Langsung Kerja

Sekolah ikatan dinas adalah sekolah yang dibiayai oleh negara dan penyaluran kerjanya juga ditentukan oleh negara. Nantinya siswa-siswi lulusan sekolah ikatan dinas akan ditempatkan di kantor lembaga negara. Ini merupakan kesempatan bagus bagi siswa-siswi kelas 3 SMA/ SMK/ Sederajat untuk mendapatkan pendidikan sekolah lanjutan gratis dan masa depan jelas.

Dahulu sekolah ikatan dinas hanya STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) dan IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) saja, kini ada STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan), STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), dan STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara).

Total ada 8 sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melalui portal Pendaftaran Seleksi Nasional (PANSELNAS) dengan alamat panselnas.id. Biaya pendaftaran semuanya gratis/ tidak dipungut biaya, jadi bila ada oknum yang meminta biaya itu tipuan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui satu pintu yaitu panselnas.id, sebenarnya panselnas digunakan bukan hanya untuk pendaftaran sekolah ikatan dinas, pendaftaran CPNS juga melalui portal ini. Intinya semua yang dilakukan oleh negara lewat panselnas.id.

Informasi sekolah ikatan dinas ini berdasarkan surat pengumuman resmi, Nomor 125/S.SM.01.00/2017 Tentang Penerimaan Calon Siswa-Siswi/ Taruna-Taruni Pada Kementrian/ Lembaga Yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2017.

PENTING !! 

1. Pendaftaran Peserta Secara Elektronik
Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:
  1. Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku
  2. NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga  yang  tercantum dalam Kartu Keluarga
  3. Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).
2. Pendaftaran Dua Tahap
Pendaftaran awal di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.

3. Pendaftaran Hanya di Salah Satu Lembaga/ Sekolah Ikatan Dinas
Calon peserta seleksi diberikan kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun.  Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.

4. Seleksi
Seleksi/ tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selanjutnya  terdapat seleksi/ tes lainnya  yang  ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.

5. Pengisian Data
Semua informasi/ data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.  Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak akan diproses lebih lanjut.

6. Persyaratan Khusus/ Tambahan
Masing-masing Kementerian/ Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar/ memilih salah satu Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas.

Informasi selengkapnya silahkan Anda download pengumuman resminya di bawah ini

Daftar sekolah ikatan dinas
www.panselnas.id

Post a Comment for "Dibuka Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2017, Lulus Kuliah Langsung Kerja"