Blog Yang Dibangun Bertahun-Tahun Akhirnya Tumbang Juga

Postingan kali ini merupakan edisi khusus dari admin indoamaterasu.com mengenai perkembangan blog yang dibangun sejak tahun 2014 hingga ditulisnya artikel ini awal tahun 2018. Kurang lebih 4 tahun menekuni blog dan telah meraup lebih dari $ 2000 Google AdSense.

Indoamaterasu.com merupakan blog utama dan sekaligus cikal bakal lahirnya blog lain seperti teraa.net, dan teknologivirtual.com. Mengenal blog sejak tahun 2010 dan menekuninya mulai tahun 2014 hingga sekarang.
Foto Admin indoamaterasu.com waktu masih muda
Foto admin indoamaterasu.com waktu masih muda

Admin belajar ngeblog tidak sendirian, ada 2 orang berjasa yang memberi semangat sekaligus teman belajar, mereka adalah Yan Surahman dan Almarhum Gufi. Kami bertiga berjuang keras bagaimana caranya berhasil daftar AdSense, dan akhirnya Alhamdullilah sesuatu yang sepertinya hayalan dapat terwujud.

Semua tulisan ditulis sendiri tanpa adanya bantuan orang lain sehingga untuk konsisten menulis 1 artikel dalam 1 hari sulitinya minta ampun. Jumlah posting 2000 lebih, sempat menduduki ranking Alexa 200san. Di zaman kejayaannya perhari bisa meraup $ 20-50, namun sekarang mendapatkan $2 susahnya minta ampun.

Trafik meningkat drastis di 2 tahun pertama, tahun berikutnya mulai turun dan turun. Banyak sekali tulisan di sini yang di copy paste oleh oknum blogger dan diposting tanpa mencantumkan link sumbernya.

Rahasia mesin pencari memang sulit dipahami, blog punya teman yang 70% hasil copy paste masih awet trafiknya hingga sekarang, sedangkan blog ini hasil jerih payah sendiri malah turun. Google tiap tahunnya juga mengupdate robot mesin mencari, dan indoamaterasu.com selalu kena dampaknya.

Semua cara telah dilalukan untuk mengembalikan trafik yang hilang, Admin rela membeli eBook SEO dari forum ADS.ID demi mendapatkan visitor, lagi-lagi hasilnya kurang memuaskan. 

Mungkin kontennya sudah kuno dan kompetisi pencarian kalah sama blog lain sehingga kejayaannya mulai runtuh. Mengantisipasi hal tersebut mulai menanam benih melalui blog baru sebagai backup blog utama dan harapannya dikemudian hari blog yang dibagun dapat menghasilkan layaknya indoamaterasu yang dulu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Post

0 Response to "Blog Yang Dibangun Bertahun-Tahun Akhirnya Tumbang Juga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel