Site and learn your application

1/20/18

Perjuangan Mendapatkan e-KTP di Capil Trenggalek Lebih Dari 1 Tahun

Artikel ini merupakan curhatan dari salah satu warga Trenggalek yang merasa kurang puas dengan pelayanan e-KTP. Mungkin diantara Anda ada mempunyai permasalahan serupa dengan yang diceritakan berikut ini.

Intinya adalah menuggu antrian mendapatkan e-KTP tidak masalah asalkan ada prioritas untuk pemohon lama, bukan yang baru terus dilayani. Menjengkelkannya lagi masih banyak kasus titip-menitip lewat pintu belakang, kalau tidak punya kenalan dengan orang dalam gimana? itu poinnya.
e-KTP di Capil Trenggalek

Kronologinya Begini!
e-KTP Saya hilang akhir tahun 2016 dan telah minta lagi namun diberi surat keterangan pengganti e-KTP yang berlaku 6 bulan. Telah melakukan perpanjangan sebanyak 3 kali. Pada awalnya Saya mengikuti semua prosedur yang dikatakan Capil Trenggalek, bahkan sabar dengan menunggu datangnya blanko e-KTP.

Setelah blanko ada pergi lagi ke Capil Trenggalek, anehnya yang diprioritaskan bukan pemohon lama melainkan untuk pendaftar baru. Beberapa bulan kemudian datang lagi ke sana dan katanya harus antri mulai jam 4 pagi untuk mendapatkan antrian 200 e-KTP.

Saya bilang kalau menunggu jam 4 pagi nggak bisa pak, Saya ini kerja. Kalau bisa Saya nitip nanti siang diambil atau besok? salah satu petugas bilang nggak bisa pak, Kami nggak bertanggung jawab kalau e-KTP hilang!!!

Woei... ini kan tugasnya Capil! Kok pada lari tanggung jawab gini dalam benak pikiranku.

Kurang puas dengan kata petugas tersebut akhirnya maju langsung ke antrian loket tanpa antri untuk menanyakan hal tersebut. Kebetulan waktu itu yang didepan ibu-ibu, Saya bilang "Bu, Saya pemohon e-KTP yang hilang sejak tahun 2016 masak hingga sekarang belum dikasih e-KTP". Beliau menyarankan untuk menemui yang berkuasa di sana.

Langsung saja masuk lewat pintu samping menemui pak XXX, tanpa basa-basi langsung bilang apa adanya... bla..bla. Beliau bilang dapat antrian yang 200 nggak? tidak pak. Saya nggak bisa datang jam 4 pagi karena harus kerja, ini prioritasnya gimana sih pak??

Dengan nada sedikit emosi, Saya minta e-KTP harus segera dicetak. Beliau mengatakan peraturan mendagri selalu berubah-ubah. Iya paham pak tapi kenapa tidak ada prioritas, dulu katanya suruh menunggu kabar dari desa kalau e-KTP sudah jadi tapi buktinya hingga sekarang belum ada kabarnya.

Akhirnya siangnya Saya disuruh ambil e-KTP dan tara.... lansung jadi.

Ada beberapa catatan yang membuat Saya gigih memperjuangkan hak mendapatkan e-KTP:
1. Tidak ada prioritas bagi pemohon lama, kecuali menunggu mulai pagi
2. Katanya blanko habis, buktinya banyak yang dapat e-KTP dari kolega yang kerja di sana
3. Harus 200 e-KTP setiap hari?? perlu ada tim khusus untuk mengecek ke sana berapa blanko e-KTP yang telah dicetak/ hari.

Pesan!
Tulisan ini untuk membangun citra positif kantor pencatatan sipil Trenggalek untuk lebih baik lagi. Percaya dan tidak banyak masyarakat yang mengeluh tentang pelayanan Capil Trenggalek. Harapannya semoga kedepannya mereka tulus melayani masyarakat sesuai dengan tugas-tugasnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :
Related: Perjuangan Mendapatkan e-KTP di Capil Trenggalek Lebih Dari 1 Tahun

0 komentar:

Post a Comment