Site and learn your application

2/16/18

Kenapa Pendapatan AdSense Selalu Menurun di Bulan Desember - Januari? Ini Jawabannya

Para pemain Google AdSense tentunya pernah merasakan masa paceklik di penghujung pergantian tahun baru mulai bulan Desember hingga Januari. Dimana dalam waktu 2 bulan tersebut pendapatannya menurun drastis jika dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Bila jeli mengamati dunia AdSense sebenarnya bukan menjelang pergantian tahun baru saja, pada hari raya Idul Fitri nilai kliknya juga anjlok. Rasa penasaran ini membuat admin mencari informasi lebih kenapa pada hari besar dan pergantian tahun baru selalu paceklik.

Natal juga diperingati setiap tanggal 25 Desember, itu merupakan hari besar keagamaan bagi umat Kristen di seluruh dunia. Waktu Natal berdekatan dengan pergantian tahun baru, selisih 6 hari. Logikanya di hari-hari tersebut itensitas orang membuka internet jadi menurun sehingga jumlah klik berkurang.

Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) juga diperingati pada bulan Desember pada Minggu ke-2. Banyak orang menghabiskan uang untuk belanja online. Berdasarkan informasi dari blognya mas Sugeng, kenapa pada hari raya dan pergantian tahun baru pendapatan AdSense selalu menurun karena disebabkan oleh 3 faktor yaitu:

1. Menurunkan Budget Iklan Harian
Di Google AdWords, pemasang iklan dapat menentukan budget/anggaran harian untuk iklan yang mereka pasang. Misalnya di bulan-bulan biasa pemasang iklan menetapkan budget iklan harian sebesar Rp1 juta, di bulan januari diturunkan menjadi 500ribu saja.

Hal tersebut akan menyebabkan iklan yang mereka pasang jarang ditampilkan di situs-situs yang terdaftar di Google AdSense. Semakin sedikit jumlah iklan yang ditampilkan, semakin rendah harga lelang iklan. Semakin rendah harga lelang iklan, semakin rendah CPC AdSense.

2. Menurunkan Harga Lelang Iklan
Selain menurunkan budget, pemasang iklan juga bisa menurunkan max CPC bid dari iklan yang mereka pasang. Max CPC bid di sini maksudnya harga maksimal yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik dari iklan yang mereka pasang.

Misalnya di bulan-bulan biasa pemasang iklan menentukan max CPC bid sebesar Rp2000, pada hari raya dan menjelang pergantian tahun mereka bisa menurunkannya menjadi Rp1000. Penurunan max CPC bid ini secara langsung berdampak kepada menurunnya CPC AdSense.

3. Menonaktifkan Kampanye Iklan
Selain menurunkan budget harian dan menurunkan harga lelang iklan, pemasang iklan juga dapat menonaktifkan kampanye iklan mereka di Google AdWords. Itu artinya pemasang iklan tidak memasang iklan sama sekali di Google AdWords pada hari raya dan menjelang pergantian tahun.

Hal tersebut tentunya akan menyebabkan jumlah iklan yang tersedia menjadi semakin sedikit. Semakin sedikit jumlah iklan yang tersedia, semakin rendah harga lelang iklan. Semakin rendah harga lelang iklan, semakin rendah CPC AdSense.

Catatan!
Bila pada hari raya dan menjelang pergantian tahun baru terjadi penurunan CPC jangan kaget, jangan heran, karena polanya memang seperti itu. Yang terpenting pada masa paceklik tersebut jangan putus asa, harus selalu semangat nulis biar membawa berkas.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :
Related: Kenapa Pendapatan AdSense Selalu Menurun di Bulan Desember - Januari? Ini Jawabannya

0 komentar:

Post a Comment