Contoh Soal Tes Calon Kepala Desa (Pilihan Ganda, Uraian, dan Wawancara)

Tes calon kepala desa adalah tes yang diberikan untuk mengukur kemampuan calon kepala desa. Tes ini diberikan sebelum pemilihan kepala desa berlangsung. Tes calon kepala desa diselenggarakan di kecamatan masing-masing.

Tes calon kepala desa diberikan bila calonnya lebih dari 2, misalnya 3. Bagi yang dinyatakan lolos maka berhak mengikuti pemilihan kepala desa. Tes calon kepala desa berbeda dengan calon lurah karena ditunjuk langsung oleh pemerintah setempat untuk memimpin desa.
Tes Calon Kepala Desa

Dasar Hukum Pelaksanaan Tes Calon Kepala Desa

Berdasarkan Ketentuan Pasal 29B ayat (2) Ujian tertulis diselenggarakan oleh panitia pemilihan tingkat daerah yang dibentuk oleh Bupati. Mekanisme seleksi tambahan bagi calon kepala desa diatur dalam Peraturan Bupati Sleman Nomor 47 Tahun 2017 tentang Seleksi Tambahan Bagi Calon Kepala Desa.

Materi ujian tertulis sesuai Peraturan Bupati Sleman Nomor 47 Tahun 2017 antara lain Pancasila dan UUD 1945, Pemerintahan Umum dan Pemerintahan Desa, Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Manajerial. Pengumuman hasil seleksi ujian tertulis langsung diumumkan pada hari yang sama setelah waktu ujian tertulis selesai.

Contoh tes calon kepala desa terdiri dari soal pilihan ganda, uraian, dan wawancara. Materi yang keluar adalah penguasaan terhadap pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan. Tes ini tersedia dalam 2 format yaitu Word dan PDF, Anda dapat mendownload salah satu atau keduanya.

Download Soal Tes Calon Kepala Desa [PDF]
Download Soal Tes Calon Kepala Desa [Word]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Post

0 Response to "Contoh Soal Tes Calon Kepala Desa (Pilihan Ganda, Uraian, dan Wawancara)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel