Site and learn your application

3/29/18

Diterima dan Tidaknya Melamar Kerja Melalui BKK SMK Keputusannya di HRD

Bursa Kerja Khusus atau yang disingkat BKK adalah sebuah lembaga yang bertugas menyalurkan informasi lowongan kerja kepada siswa kelas 3 SMK dan alumni. Selain memberi informasi juga mendampingi tes rekrutmen yang diselenggarakan oleh beberapa perusahaan.

Untuk mendapatkan perusahaan yang siap diajak kerja sama, tim BKK harus aktif melobi perusahaan dan industri. Salah satunya dengan mengikuti forum BKK yang diselenggarakan setiap 3 bulan sekali (untuk propinsi Jawa Timur). BKK SMK
Dari forum inilah nantinya mengenal personil BKK dari sekolah lain sehingga bisa bertukar informasi mengenai lowongan kerja. Forum BKK selalu mengundang pemateri dari beberapa perusahaan untuk menjelaskan detail lowongan kerja yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.

Inilah keuntungan menyekolahkan putra-putri bapak/ ibu masuk di SMK, selain bisa meneruskan kuliah dan siap berwira usaha mereka juga dibantu mencari pekerjaan melalui BKK. Untuk itu bagi SMK yang belum mendirikan BKK untuk segera mendirikannya.

Sebagai pemula tidak ada salahnya ikut SMK yang terlebih dulu menyelenggarakan BKK. Biasanya dari sekolah lain memberikan kesempatan dari beberapa sekolah untuk bergabung tes di BKK sekolahnya.

Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari ilmunya. Sembari mengantarkan tes temui HRD perusahaanya untuk melobi supaya mau menyelenggarakan tes kerja/ rekrutmen di sekolah Anda.

Keputusan Diterima Kerja Tidak 100% di BKK

Yang perlu dipahami oleh orang tua dan siswa bahwa keputusan lolos dan tidaknya diterima kerja bukan di tangan BKK melainkan dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan menyewa HRD untuk menyeleksi calon tenaga kerja terampil dan ulet untuk bekerja di tempatnya.

Saat pertama kali akan melamar pekerjaan melalui BKK SMK banyak siswa yang yakin diterima, padahal tugas BKK hanya memberikan informasi, mengarahkan, dan mendampingi tes kerja. Meskipun begitu kuota untuk siswa di sekolah Anda tetap ada, itu tergantung dari lobi BKK.

Sebelum mengajukan MOU sebaiknya minta dulu, mau nggak memprioritaskan sekolah ini supaya yang diterima kerja lebih banyak daripada sekolah lain yang ikut tes di BKK SMK Anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :
Related: Diterima dan Tidaknya Melamar Kerja Melalui BKK SMK Keputusannya di HRD

0 komentar:

Post a Comment