Site and learn your application

4/30/18

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat islam, untuk itu setiap muslim diwajibkan melaksanakan ibadah puasa. Selama puasa kita dilarang makan minum dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Bila perut kita kosong maka bau mulut pasti muncul, begitu juga sebaliknya semakin banyak makanan dan minuman yang masuk ke mulut maka baunya beda seperti berpuasa.

Baca: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 M/ 1439 H Seluruh Indonesia

Bau mulut dapat mengurangi rasa percaya diri bila Anda sering berkomunikasi dengan orang banyak. Profesi sebagai seorang dokter, guru, dan pelayan publik yang mewajibkan berkomunikasi secara intens membuat sedikit minder bila muncul bau tak sedap dalam mulut. Untuk itu melalui artikel ini dibagikan tips cara menghilangkan bau mulut pada saat berpuasa.

Penyebab Bau Mulut Pada Manusia

Bila ada yang bertanya kenapa setiap kali berpuasa bau mulut selalu muncul? berikut ini penjelasannya.

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi, dan makanan yang berbau menyengat. Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.

Penjelasan singkat tersebut sudah bisa menjawab kenapa berpuasa bau mulut selalu muncul, karena terjadi gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.

5 Cara Menghilangkan Baut Mulut Saat Berpuasa

1. Gosok Gisi Setiap Selesai Makan
Meski sederhana, trik ini cukup ampuh mencegah bakteri di mulut menjadi biang keladi bau mulut. Saat sisa makanan bercampur dengan bakteri mulut, saat itulah bau mulut timbul. Penting untuk menggosok gigi beberapa saat setelah makan sahur atau pun berbuka.

2. Minum cukup air saat sahur
Minum air setidaknya dua hingga tiga gelas air sebelum imsak akan membantu mengatasi masalah bau mulut.

Jika Anda mendapat asupan air yang cukup, ini tak hanya mencegah mulut kering, melainkan juga mencegah bau mulut. Kesehatan secara keseluruhan pun akan terjaga bila tubuh terhidrasi dengan baik.
3. Konsumsi Teh Hijau Tanpa Gula
Teh tanpa gula rasanya agak pahit, bahkan ada yang lebih pait lagi. Teh yang diminum harus teh hijau karena hanya teh hijau yang mengandung zat polyphenol. Zat ini bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas. Bagi para perokok, teh hijau juga bisa mengurangi gangguan pernafasan.

3. Gunakan Mouthwash Antibakteri
Kekeringan mulut serta kurangnya liur saat puasa Ramadan bisa menjadi penyebab bau mulut. Berkumur dengan mouthwash antibakteri setelah sahur bisa mencegah bau mulut.

4. Bersihkan Lidah Setelah Berpuasa dan Sahur
Gunakan alat khusus pembersih lidah setidaknya dua kali sehari untuk menyingkirkan sisa makanan yang menempel. Langkah ini akan mencegah bau mulut tentunya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Related: Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

0 komentar:

Post a Comment