Download Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018

Hari pendidikan nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei dan setiap tahunnya ada logo baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Tema hari pendidikan nasional tahun 2018 ini adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan".

Hari pendidikan nasional (Hardiknas) adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantoro, tokoh pendiri lembaga Taman Siswa dan sekaligus Pelopor Pendidikan Indonesia. Untuk itulah setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari pendidikan nasional.

Logo hari pendidikan nasional tahun 2018 sudah bisa diunduh di laman resminya kemdikbud atau melalui link yang diberikan oleh indoamaterasu.com. Tersedia 2 pilihan logo yaitu format .png dan .jpeg. Logonya cukup keren dengan bentuk buku yang disertai gambar pelajar. Pilihan warna juga cukup cerah yaitu biru, hijau, orange, dan merah.

Download logo Hardiknas 2018


Makna Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara

Dalam Peringatan Taman Siswa ke-30 Tahun, Ki Hadjar Dewantara mengatakan, “Kemerdekaan hendaknya dikenakan terhadap caranya anak-anak berpikir, yaitu jangan selalu ‘dipelopori’, atau disuruh mengakui buah pikiran orang lain, akan tetapi biasakanlah anak-anak mencari sendiri segala pengetahuan dengan menggunakan pikirannya sendiri.”

Maksud dari pernyataan Ki Hadjar Dewantara tersebut dengan gamblang menunjukkan apa yang seharusnya lahir dari sebuah proses pendidikan, yaitu “agar anak-anak berpikir sendiri”. Dengan begitu, mereka menjadi orisinal dalam berpikir dan bertindak. Pendidikan dianggap berhasil ketika anak mampu mengenali tantangan apa yang ada di depannya dan tahu bagaimana seharusnya mereka mengatasinya.

Tiga Semboyan Pendidikan

Ki Hadjar Dewantara memiliki semboyan yang selalu ia terapkan dalam sistem pendidikan. Secara utuh, semboyan itu dalam bahasa Jawa berbunyi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

Baca: Juknis Upacara Bendera Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) Tahun 2018

Arti dari semboyan tersebut adalah: Ing Ngarsa Sung Tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan Tut Wuri Handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan).

Hingga kini, semboyan pendidikan Ki Hadjar Dewantara tersebut sangat dikenal di kalangan pendidikan Indonesia dan terus digunakan dalam dunia pendidikan rakyat Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Post

0 Response to "Download Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel