Minggu, 01 April 2018

Perlukah Sertifikat ISO Untuk Sekolah? Bukannya Sudah Ada Akreditasi


Pentingkah ISO untuk sekolah? pertanyaan ini selalu muncul dibenak rekan guru yang belum paham apa fungsi dan kegunaan dari sertifikat ISO. Padahal standar mutu pendidikan di suatu sekolah telah menggunakan Akreditasi, lha ini kok masih ada ISO.

Bagi rekan guru yang mengajar di SMP dan SMA mungkin tidak mengenal ISO, namun di SMK sangat akrab dengan ISO. Sebagai guru SMK admin dulunya sempat berbincang-bincang ke sesama guru apa penting ya ISO itu? ternyata setelah memahaminya ternyata penting sekali.
Manfaat ISO Untuk Sekolah

Mendatangkan tim ISO butuh biaya besar, kisaran 18 juta dan harganya terus naik setiap tahunnya. Layaknya akreditasi, persiapan ISO administrasinya super komplit melebihi akreditasi. Mau tidak mau semua personil sekolah mulai kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan harus menyiapkan diri sebelum tim ISO datang.


Pentingnya ISO Untuk Sekolah


Sebuah organisasi pendidikan memang tidak pernah bisa menjamin keberhasilan peserta didik. Namun, ada sejumlah cara yang lebih efektif untuk  memenuhi kebutuhan mereka dan berkontribusi untuk hasil belajar yang lebih baik. ISO 21001, sistem manajemen untuk organisasi pendidikan adalah standar sistem manajemen yang sebagian selaras dengan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. ISO 21001 ini dimaksudkan untuk semua jenis penyedia pendidikan, dari TK sampai perguruan tinggi, pusat-pusat pelatihan kejuruan dan layanan e-learning.

Beberapa manfaat ISO untuk Sekolah Anda:
1. Menyediakan manajemen senior dengan proses manajemen yang efisien
2. Menetapkan tanggung jawab di seluruh bidang organisasi sekolah
3. Mengkomunikasikan pesan positif kepada staf dan pelanggan
4. Mengidentifikasi dan mendorong proses supaya lebih efisien dan menghemat waktu
5. Mengurangi biaya yang akan dikeluarkan
6. Memberikan penilaian serta peningkatan berkelanjutan
7. Meningkatkan daya saing di pasar
8. Peluang pemasaran.

Beberapa manfaat ISO untuk pelanggan Anda:
1. Peningkatan kualitas dan pelayanan
2. Pengiriman tepat waktu
3. Sikap pertama yang tepat
4. Produk yang dikembalikan dan keluhan lebih sedikit
5. Audit independen menunjukkan komitmen terhadap kualitas.

Dengan Adanya ISO Profesionalisme Guru Terjamin

Bekerja di lingkungan sekolah biasanya dijumpai rekan guru yang malas membuat perangkat pembelajaran, meskipun membuat biasanya kalau diminta. Padahal perangkat yang baik dibuat sebelum proses KBM berlangsung, yang tepat awal semester I.

Melihat fenomena ini kepala sekolah mau menegur guru yang tidak profesional dengan suara lancang pasti ada rasa canggung dan sungkan, apalagi umur kepala sekolah dan guru tersebut adalah sebaya. Namun dengan adanya ISO kepala sekolah dan rekan guru tidak perlu mengingatkan guru yang tidak profesional karena langsung dinilai oleh tim ISO.

Sebenarnya ISO di sekolah itu fungsinya untuk menjaga standar mutu pendidikan di sekolah dan sekaligus mengawasi kinerja guru. Sekolah Menengah Kejuruan yang telah mendapatkan ISO biaya memiliki pelayanan pendidikan sang sangat bagus daripada sekolah yang belum.

Perlukah Sertifikat ISO Untuk Sekolah? Bukannya Sudah Ada Akreditasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indo Amaterasu

0 comments:

Posting Komentar