Site and learn your application

Perbedaan Masjid, Mushola, dan Langgar


Perbedaan masjid, mushola, dan langgar - Sebagai umat muslim tentu kita telah mengetahui fungsi dari masjid, mushola, dan langgar, ketiga-ketiganya merupakan tempat ibadah. Namun apakah Anda tahu apa perbedaan dari ketiga bangungan tersebut?

Dari segi kegunaan dan fungsi ketiganya adalah sama yaitu tempat ibadah, namun di sini Admin mencoba mengulas lebih dalam apa itu masjid, mushola, dan langgar. Ternyata yang membedakan diantaranya ketiganya adalah kapasitasnya.

Kapasitas Masjid, Mushola, dan Laggar

  1. Masjid = ratusan = ribuan
  2. Mushalla = Maksimal 100 Jamaah
  3. Langgar = maksimal 50 jamaah

Penggunaan Tempat Sholat Jumatan

Sedangkan jika mengacu kepada peruntukan pelaksanaan Ibadah Sholat Jum’at, maka seperti dibawah ini:
  1. Masjid = dipergunakan untuk ibadah sholat Jumat
  2. Mushalla = ada yang di gunakan untuk sholat jumat, tapi juga yang tidak dipergunakan untuk jumatan
  3. Langgar = tidak dipergunakan untuk jum’atan.

#1. Masjid

Masjid merupakan bangunan tempat ibadah (khususnya sholat) untuk muslimin muslimat. Dengan bentuk bangunan yang dirancang khusus yang melekat padanya atribut masjid. Atribut tersebut semisal menara, kubah, bentuk pintu, jendela dan lain lain.

Bangunan ini cukup besar dan bisa menampung orang/jamaah sejumlah ratusan bahkan ribuan. Bisa digunakan untuk ibadah sholat Jum’at maupun perayaan hari-hari besar Islam. Bangunan ini sering menjadi kebanggaan kaum muslimin di lingkungan sekitar. Dan juga sering menjadi tempat pelaksanaan walimahan maupun ijab qabul, pensyahadatan masuk Islam oleh jamaah.

#2. Mushola

Suatu bangunan dengan peruntukan ibadah umat Islam. Dengan luas tergantung lokasi dan kebutuhan, akan tetapi tidak terlalu besardan dapat menampung jamaah maksimal 100 orang. Ada kelengkapan atribut tempat ibadah Islam semisal kubah dan hiasan kaligrafi dan model jendela maupun masjid yang khas bentuk tempat Ibadah umat Islam.

Baca: Asal Usul Kata Mudik Yang Belum Banyak Diketahui Orang
Tipe bangunan tempat sholat ini sering disebut dengan mushalla yang mempunyai arti tempat sholat, berada di lingkungan masyarakat atau tempat tempat yang ramai di kunjungi manusia semisal di pasar, terminal, tempat wisata maupun lokasi strategis tempat orang berkumpul. Bangunan atau ruang ini dibangun asal memenuhi persyaratan tempat untuk melakukan ibadah sholat. Selain itu ada atribut kelengkapan semisal mihrab/mimbar selayaknya bangunan yang dinamakan masjid. Dan kadang juga bisa untuk melaksanakan sholat jumat.

#3. Langgar

Langgar mempunya kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan mushola. Tempat ibadah ini tidak digunakan untuk sholat jum'at, biasanya hanya sallat 5 waktu dan tarawih, dan idul fitri atau idul adha.

Bangunan ini dilengkapi atribut tempat ibadah Islam seperti hiasan kaligrafi, ornamen muslim maupun lainnya. Tipe bangunan yang disebut langgar biasanya berada di lingkungan - lingkungan pondok pesantren, RT/RW dalam suatu wilayah dan berada dibawah koordinator satu masjid.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related: Perbedaan Masjid, Mushola, dan Langgar

0 komentar:

Post a Comment