Site and learn your application

Asal-Usul Kata Mudik Yang Belum Banyak Diketahui Orang


Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri dan sesudah libur hari raya biasanya umat muslim diseluruh dunia melakukan mudik lebaran. Istilah mudik cukup popular dikalangan umat muslim Indonesia, bukanya hanya kaum muslimin, mereka yang beragama lain juga menggunakan istilah ini untuk libur hari raya.

Secara umum mudik dapat diartikan momen pulang ke kampung. Durasi lamanya mudik berbeda dengan liburan karena biasanya menyesuaikan hari libur dan cuti bersama nasional yang telah ditetapkan pemerintah. Sebelum hari kerja aktif biasanya mereka yang mudik telah kembali dari kampung, berbeda dengan liburan yang tidak terpaku waktu.

Sejarah Asal Kata Mudik

Secara etimologi mudik berasal dari 2 istilah jawa yang digabung menjadi 1 yaitu Mulih dan Dilik/ Diluk. Muleh artinya pulang, sedangkan Diluk artinya sebentar. Jadi mudik lebaran dapat diartikan pulang sebentar ke kampung untuk merayakan momen lebaran.

Penggabungan kata mudik selalu digabung dengan momen atau peristiwa besar seperti mudik lebaran, mudik natal, dan mudik tahun baru. Kalau dipelajari dari asal-usulnya tidak ada kaitannya antara mudik dengan lebaran, namun saling melengkapi.

Baca: Perbedaan Masjid, Mushola, dan Langgar

Demikianlah informasi asal-usul kata mudik, semoga pengetahuan kita akan hal yang belum dimengerti paham artinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related: Asal-Usul Kata Mudik Yang Belum Banyak Diketahui Orang

0 komentar:

Post a Comment