Site and learn your application

5/3/18

10 Takjil Puasa Yang Bisa Melepaskan Dahaga

Ketika bulan ramadhan tiba dan semua umat muslim berpuasa maka istilah takjil selalu muncul. Banyak kesalahpahaman tentang pengertian takjil dengan mengartikan minuman dan makanan ringan berbuka puasa. Namun kalau diartikan secara harfiah takjil berarti penyegaran untuk membatalkan puasa atau berbuka.

Namanya penyegaran tentu bisa berupa minuman ataupun makan dari buah-buahan segar. Jadi maksud Ta'jil/ Takjil adalah penyegeraan membatalkan puasa dengan makanan pembuka.lalu sekarang mempunyai arti yang berbeda dengan asal pengertiannya, yaitu mempunyai arti makanan atau minuman seperti  kolak,es buah dan lainnya.
Takjil Puasa Yang Bisa Melepaskan Dahaga

10 Menu Takjil Yang Siap Menemani Anda Berbuka Puasa Pada Bulan Ramadhan

1. Puding Cokelat

Selain minuman, puding juga nggak kalah menyegarkan untuk jadi menu takjil buka puasa selama Ramadhan ini. Puding cokelat atau strawberry dengan fla vanilla adalah puding yang paling favorit. Pastikan Anda udah masukin ke kulkas beberapa jam sebelumnya biar bisa menyantapnya saat udah dingin.

2. Puding Buah

Sesekali bisa mengkombinasikan menu takjil buka puasamu dengan puding buah. Kombinasikan puding vanilla dengan potongan buah-buahan segar untuk disantap saat berbuka puasa. Pasti Menyegarkan bukan? hehe

3. Es Lidah Buaya

Sekarang, Anda nggak perlu repot-repot dan pusing lagi untuk mencari menu takjil buka puasa yang segar. Di pasar dan berbagai minimarket biasanya udah dijual es lidah buaya yang bisa langsung disajikan saat berbuka puasa nanti. Lebih nikmat sih kalau ditambahkan biji selasih.

Baca: Resep Masakan Yang Enak Buat Buka Puasa dan Sahur

4. Es Markisa

Suka buah markisa? Bisa jadi menu takjil buka puasa yang nggak kalah menggiurkannya dengan sop buah. Coba sajikan buah markisa di dalam sebuah gelas dan campurkan dengan sirup markisa. Nggak melulu harus manis, es Markisa yang sedikit asam ini juga sangat menggugah selera.

5. Sop Buah

Kalau ngomongin takjil buka puasa pelepas dahaga, sop buah pasti menduduki posisi pertama. Selain mudah cara buatnya, semangkuk berisikan sirup, susu kental sans dan juga es baru dengan buah-buahan adalah menu yang paling mengguna untuk jadi takjil buka puasa.

Nggak perlu beli, sop buah bisa dibuat sendiri di rumah diisi dengan sirup, susu kental manis dan juga potongan buah-buahan.

6. Es Jelly

Sekarang sudah banyak jelly-jelly berbagai bentuk dan rasa yang bisa ditemukan di pasar atau minimarket. Anda bisa manfaatkan jelly tersebut untuk jadi campuran minuman saat berbuka puasa. Kalau punya serutan es batu, es jelly ini bakalan lebih nikmat dengan serutan es batu dan siraman sirup favorit.

Baca: Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

7. Es Nata De Coco

Kalau mau menu takjil buka puasa yang lebih sederhana, es Nata De Coco juga bisa jadi ide untuk menu berbuka puasa yang juga menggiurkan. Ditambah dengan taburan selasih yang bisa membantu menghindari panas dalam selama berpuasa, es Nata De Coco wajib jadi menu andalan sehari-hari di rumah.

8. Manisan Kolang Kaling

Buat penggila kolang kaling, daripada dicamil begitu saja mendingan bikin minuman segar untuk berbuka puasa. Manisan kolang kaling ini bisa jadi isian untuk sirup jeruk atau sirup coco pandan saat berbuka puasa nanti.

9. Es Blewah

Bulan Ramadan, buah Blewah pasti mendadak jadi terkenal dan incaran banyak orang. Nah, es blewah juga jadi takjil buka puasa yang bisa melepaskan dahaga dan haus setelah berpuasa seharian. Jangan lupa campur dengan sirup favorit.

10. Es Timun Serut

Mengkonsumsi sirup dengan pewarna dan pemanis buatan setiap hari untuk berbuka puasa memang nggak baik untuk kesehatan karena bisa memicu diabetes. Nah, makanya Anda bisa menyelingkannya dengan takjil buka puasa Es Timun Serut yang dicampurkan dengan sedikit gula pasir untuk menambahkan rasa manisnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :
Related: 10 Takjil Puasa Yang Bisa Melepaskan Dahaga

0 komentar:

Post a Comment