Site and learn your application

200 Lembar KTP Elektronik di Trenggalek Dicetak


Setiap harinya kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Trenggalek mencetak 200 lembar KTP Elektronik (e-KTP). Untuk mendapatkan antrian yang ke 1-200 pasalnya Anda harus datang pagi-pagi sebelum kantor dukcapil dibuka.

Kantor Dukcapil Trenggalek bukan jam 07.00, kalau operasionalnya mulai jam 08.00. Anda bisa datang ke sini mulai jam 06.00 namun pengumpulkan berkas pengganti KTP tetap baru dimulai jam 07.00. Aturan ini ada di Trenggalek, kalau daerah lain belum begitu paham.

Informasi hanya mencetak 200 lembar e-KTP setiap harinya terpampang nyata di pelataran capil Trenggalek dengan spanduk yang bertuliskan "Hari Ini Antrian KTP-el Dilayani 200 Pemohon. Tentunya bila Anda benar-benar ingin mendapatkan KTP Elektronik harus berangkat pagi-pagi.

Namun untuk pemohon yang super sibuk dengan pekerjaannya masing-masing datang sebelum jam 08.00 itu sulit. Lalu bagaimana mereka bisa dapatkan KTP Elektronik? sepertinya aturan tersebut perlu diubah lagi soalnya tidak semua pemohon bisa datang pagi-pagi.

Proses mendapatkan KTP-Elektronik cukup panjang, yang pertama pasti dapat lembaran kertas sebagai pengganti KTP. Lembaran kertas ini memiliki masa aktif selama 6 bulan, setelah habis baru bisa ditukarkan dengan yang elektronik.

Faktanya hingga saat ini tahun 2018, Dukcapil Trenggalek tidak mencetak e-KTP berdasarkan urutan pemohon. Mereka mencetak untuk antrian 200 tiap harinya, bukan lamanya permohonan. Ada petugas yang mengatakan kalau e-KTP sudah jadi maka akan dikirimkan ke kantor desa dan sama perangkat desa diantarkan ke pemohon.

Ternyata tidak semuanya pemohon lama dicetak dan dikirimkan ke desa, pemohon harus antri pagi-pagi untuk mencetak KTP-nya. Saya sebagai warga Trenggalek bisa menilai pelayanan capil masih jauh dari kata puas. Mendingan pakek aturan yang dulu saja mencetaknya berdasarkan urutan permohonan bukan antrian tiap hari karena tidak semua orang/ pemohon bisa datang pagi-pagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related: 200 Lembar KTP Elektronik di Trenggalek Dicetak

0 komentar:

Post a Comment