Site and learn your application

Cara Minta KTP-Elektronik Bila Surat Pengganti KTP Hilang


Dampak buruk akibat korupsi proyek e-KTP oleh sejumlah elit tanah air berdampak pada habisnya bahan dasar pembuatan KTP yaitu blanko. Kenapa blanko saja bisa habis yang tahu hanya pemerintah entah itu karena anggaran untuk blanko sudah tidak ada lagi atau memang tidak diantisipasi kebutuhannya untuk beberapa tahun kedepan kok bisa sampai habis.

Pemohon KTP Elektronik banyak macamnnya diantaranya adalah pemohon baru karena belum memiliki KTP, kehilangan KTP, dan perubahan data pada KTP. Pemohon KTP-Elektronik akan mendapatkan lembaran kertas sebagai pengganti e-KTP.

Bila surat pengganti e-KTP ini habis masanya maka dapat ditukar dengan e-KTP yang asli. Namun para pemohon banyak yang kehilangan surat pengganti KTP karena hilang maupun sobek. Lalu bagaimana caranya mendapatkan KTP Elektronik? apakah cukup dengan menunjukkan KK ke capil? untuk menjawabnya silahkan simak uraiannya berikut ni.

Baca: 200 Lembar KTP Elektronik di Trenggalek Dicetak

Admin indoamaterasu mempunyai pengalaman sendiri saat mencarikan KTP bapak mertua. Karena pindah alamat ikut anak maka secara otomatis KK dan KTP harus ganti sesuai dengan domisili saat ini. Setelah mendapatkan KK baru dapat surat pengganti e-KTP, namanya orang tua yang sudah mulai lupa maka hilanglah surat pengganti tersebut.

Beberapa bulan kemudian ingin balik ke kampung halamannya yang dulu naik Kereta Api. Syarat naik Kereta adalah bisa menunjukkan e-KTP maka Admin minta lagi ke capil untuk dapat KTP. Masalah muncul karena surat pengganti hilang, akhirnya nekad datang ke capil untuk menanyakan permasalahan tersebut.

Setelah sampai di kantor capil, petugas menjawab dengan ramah dan disarankan untuk mencari surat kehilangan dari kepolisian. Syarat yang dibawa ke kantor polisi adalah KK atau foto copy surat pengganti e-KTP kalau ada, kalau tidak cukup KK saja.

Surat kehilangan ini mencarinya bisa diwakilkan, biasanya pihak kepolisian menanyakan apakah status yang mewakili sebagai anaknya atau bukan. Setelah dapat surat kehilangan baru bisa ditukar dengan e-KTP atau KTP Elektronik di Capil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related: Cara Minta KTP-Elektronik Bila Surat Pengganti KTP Hilang

0 komentar:

Post a Comment