Site and learn your application

Cara Mengatasi Gagal Registrasi CPNS di SSCN.BKN.GO.ID


Pendaftaran CPNS tahun 2018 secara resmi telah dibuka mulai tanggal 26 September hingga 10 Oktober 2018. Jadwal ini mundur 2 hari yang sebelumnya ditentukan tanggal 24 September, selang 2 hari tersebut Kementrian Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi memberi kesempatan kepada instansi untuk merevisi usulan formasinya.

Pendaftaran dibuka mulai pukul 00.00 WIB, tahap pertama adalah membuat akun di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (sscn.bkn.go.idhttps://sscn.bkn.go.id/). Sama seperti rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya sepertinya pemerintah tidak mengevaluasi beberapa kelemahan daftar melalui satu pintu.

Calon pendaftar mulai panik karena untuk membuat akun saja tidak bisa, lemotnya minta ampun. Meskipun ada yang berhasil menuju tahap pengisian data seperti NIK dan KK ujung-ujungnya error dan tidak bisa lanjut. Memang sih permasalahan ini hanya dialami oleh sebagian besar calon pendaftar, artinya ada beberapa orang yang telah berhasil membuat akun.

Penyebab lemotnya situs SSCN adalah karena servernya tidak mampu menampung jutaan pendaftar dari seluruh Indonesia. Mestinya sih IT Suportnya langsung tanggap dengan mengganti server atau apa sehingga kejadian seperti ini tidak terulang di tahun berikutnya.

Baca: Simulasi CAT CPNS Offline Gratis (Lengkap)

Coba kalau pemerintah bekerja sama dengan Google atau Facebook yang layanannya tetap lancar jaya diakses orang diseluruh dunia tanpa terjadi down. Baiklah intinya penyebab gagalnya tidak bisa daftar di SSCN karena masalah teknik dari pemerintah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut berikut ini ada beberapa tips mengatasi Gagal Registrasi CPNS di SSCN, berikut ini adalah penjelasannya.

6 Tips Mengatasi Gagal Registrasi CPNS di Portal SSCN.BKN.GO.ID

1. Cek Koneksi Internet
Langkah pertama yang paling mendasar adalah koneksi iternet. Pastikan Anda mempunyai kecepatan yang cukup untuk melakukan registrasi CPNS. Caranya bisa baca artikel berikut ini.

Baca: 5 Aplikasi Android Untuk Tes Kecepatan Internet

Bila masalah internet dianggap beres namun Anda masih gagal resgistrasi silahkan simak tips lainnya berikut ini.

2. Pakai Browser Terbaru
Fungsi browser adalah sebagai mesin perambahan untuk browsing dan membuka website. Mau pakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dsb juga sama yang penting versi terbaru. Browser lama ada yang masih memerlukan flash player sehingga loadingnya lama. Browser versi terbaru telah menggunakan HTML 5.0 sebagai pengganti flash player.

3. Manfaatkan Jam Sibuk
Banyak yang mengira jam sibuk itu malam hari mulai jam 00.00 hingga jam 05.00, eits jangan keliru biasa pada jam tersebut calon pendaftar juga pada bangun lo. Jam sibuk yang dimaksud adalah dimana orang secara bersamaan melakukan aktivitas dikesehariannya.

Coba registrasi/ daftar pada jam 06.00 - 07.00, jam tersebut biasa orang-orang pada masak, siap-siap kerja, dan berangkat kerja. Hems benar bukan?

5. Berdoa
Jangan lupa berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing supaya bisa registrasi CPNS dan lolos ketrima CPNS. Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa sangatlah penting, kalau berkehendak pasti yang tidak mungkin jadi mungkin.

6. Ngopi dan Ngemil
Jangan panik ya, waktu pendaftaran mulai dari tanggal 26 September sampai 10 Oktober 2018, jadi gunakan waktu yang tersisa untuk daftar. Jangan lupa ngopi, ngeteh, atau sambil ngemil supaya otak tidak kaku.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related: Cara Mengatasi Gagal Registrasi CPNS di SSCN.BKN.GO.ID

0 komentar:

Post a Comment