Mengganti Air Radiator Honda CB150R Dengan Preston

Sepeda motor yang menggunakan radiator seperi Honda New CB150R wajib menambahkan air radiator kalau isinya hampir habis. Selain itu untuk penggunaan di atas 10.000 km sebaiknya kuras air radiator dan ganti yang baru.

Ini motor keluaran Honda maka air radiatornya juga buatan Honda yaitu AHM Coolant. Selama ini menambah dan mengganti air radiator dibengkel AHASS. Dalam 4 bulan terakhir masalah muncul di radiator yang kipasnya sering muter sendiri meskipun mesin baru dipanasi.

Sebenarnya sih setiap dibawa kebengkel AHASS masalah ini teratasi namun dalam beberapa minggu kemudian kipasnya muter lagi. Kalau jarak tempuh jauh sih wajar, lha ini baru dinyalakan saja sudah muter. Sepertinya ada yang nggak beres dengan air radiator sehingga memutuskan untuk menggantinya selain buatan Honda.

Admin akhirnya membeli air radiator merek luar negei yaitu Preston, Antifreeze Coolant. Harganya sih tidak terlalu mahal dan hampir sama dengan AHM Coolant yaitu kisaran 30 ribu untuk 1 liter. Volume sebesar ini cukup untuk mengisi radiator CB150R dan bahkan sisa untuk isian berikutnya.


Setelah membeli Preston langsung buka baut pembuangan tutup radiator CB150R, bautnya letaknya seperti yang ada pada panah berikut ini. Ini baut ukuran ringnya 8 mm, maka dilepas menggunakan ringpas 8 mm juga.


Betapa tekejutnya admin setelah membuka baut ini, jadi korosi (dalam bahasa jawa teyengen). Nggak habis pikir kenapa AHM Coolant bisa bikin korosi, apa mungkin ini dapat coolant palsu. Padahal gantinya sih di bengkel AHASS namun hasilnya seperi ini.


Foto baut di atas sebenarnya parah sekali, itu yang difoto sudah dibersihkan dan dikasih olie. Sebelumnya sih korosi semua di ruang ulir baut. Tidak mau ambil resiko bila kenapa-kenapa akhirnya beli baut 8 mm yang kemudian dipasang sebagai peganti batu bawaan tutup pembuangan radiator New CB150R.

Pernah sih tanya ke bengkel AHASS namun katanya mereka tidak menjual baut. Aneh bukan? nyoba cari di online shop dan tidak ketemu. Akhirnya beli sendiri di toko khusus yang jual baut.

Berdasarkan pengalaman ini membuat admin bertanya-tanya, sebagus inikah kualitas Air Coolant buatan AHM??

0 Response to "Mengganti Air Radiator Honda CB150R Dengan Preston"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel