1/18/2019

Ban IRC Road Winner CB150R Benjol di 25000 KM


Ada yang menarik dari ban IRC Road Winner bawaan CB150R yang telah digunakan admin selama 25.00 KM. Ban ini merupakan standar motor sport untuk kelas 150 CC hingga 250 CC. Ban belakang sudah diganti duluan sama Pirelli Angel City dan kini tinggal yang depan.

Sebenarnya ada niatan ganti ban depan CB150R bersamaan ban belakang, namun karena ada sesuatu yang mengharuskannya untuk memotong anggaran ban akhirnya dipending dulu. Apesnya lagi muncul 3 minggu setelah ganti ban belakang.

Saat itu baru hujan deras dan motor habis dipakai, ketika mencuci motor membersihkan ban depan dari lumpur muncul hal aneh pada ban. Saya lihat ada bagian yang tidak rata dengan yang lainnya yaitu berupa benjolan/ kalau orang jawa mlendung.

Uniknya kalau ditekan pas benjolan maka empuk sekali, sedangkan bagian lain selain benjolan keras sekali. Merasa ada yang tidak beres akhirnya mencari solusi di YouTube dan menemukan jawabannya.

Ban yang benjol tadi ditusuk menggunakan jarum ke arah menyamping, bukan ke dalam. Intinya mengeluarkan udara yang ada pada bagian luar (jadi ban tubeless itu terdiri dari beberapa lapisan, sebelum lapisan dasar ada lapisan luar.

Yang menggelembung ini adalah lapisan luarnya. Biasanya penyebabnya karena terkena benturan keras saat melaju pada kecepatan tinggi. Selain itu bisa disebabkan juga karena jarang isi nitrogren. Semakin tua usia ban meskipun patternnya bagus bisa juga cepat melendung karena sudah aus.

Demikianlah informais tentang ban tubeless Honda CB150R IRC Road Winner yang benjol di 25.000 KM, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Bila Anda mengalaminya juga jangan panik dulu, ambil jarum dan tusuk pada bagian yang menggelembung hingga udaranya hilang.

Selengkapnya bisa Anda lihat pada tayangan YouTube berikut ini.

Ban IRC Road Winner CB150R Benjol di 25000 KM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indoamaterasu

0 komentar:

Post a Comment