Mengatasi Anak Yang Takut Suara Petir

Mengatasi Anak Yang Takut Suara Petir

Bicara tentang anak itu memang unik, sebelumnya mungkin Anak tersebut tidak takut petir namun dalam beberapa bulan berikutnya kalau dengerin suara gemuruh di langit mulai takut dan ujung-ujungnya jadi nangis.

Bila anak Anda seperti yang telah dijelaskan tersebut, sebagai orang tua tidak boleh panik dan takut. Mengatasi anak yang takut suara petir tidak bisa dilakukan secara instan melainkan butuh proses yang cukup panjang.

Melalui tulisan inilah, indoamaterasu akan membagian tips mengatasi anak yang takut suara petir atau gluduk (dalam bahasa Jawanya). Dikutip dari KlikDokter.com, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons berikut ini cara mengatasinya:


1. Ajarkan teknik relaksasi ringan pada anak. Saat anak mendengar suara hujan yang besar, ajarkan anak untuk menutup matanya, menarik nafas panjang. Lakukan bersama-sama. Anda juga bisa memberikan bantuan agar anak tenang dengan cara mengusap atau memeluknya sebelum ia histeris mendengar petir.

2. Ajak anak bicara mengenai cuaca. Kadang anak memiliki salah pengertian mengenai hal yang mereka takutkan. misalnya anak takut mendengar suara petir karena mengira petir akan menyambar atau mengejar mereka. Anda bisa menanyakan apa yang membuatnya ia takut akan petir. Anda bisa membacakannya buku mengenai hujan, atau informasi yang singkat tentang petir.

Misalnya ajak anak untuk menghitung dari munculnya kilat sampai suara petir. Setiap hitungan berarti menandakan bahwa petir masih berjarak satu mil jauhnya dari rumah. Katakan kira-kira satu mil itu berjarak dari rumah sampai tempat yang ia ketahui jauh (misalnya rumah neneknya dll). Jadi kalau anak menghitung 8 sbelum suara petir terjadi, maka ia berjarak 8 mil yang artinya jauuuh sekali.

3. Ajarkan anak untuk melakukan self talk yang sifatnya positif. misalnya: Petir itu jauh sekali... Aku aman berada di rumahku yang sangat kuat dan kokoh dan lain-lain.
4. Bantu anak untuk terbiasa akan jenis-jenis suara mulai dari yang kecil sampai yang besar. Ada beberapa rekaman suara atau video mengenai suara-suara yang besar, misalnya petir, suara truk atau sirene kebakaran

5. Ajaklah anak untuk menonton atau mendengarkannya secara bertahap sehingga ia bisa terbiasa.

6. Bersabarlah. Menghilangkan rasa takut membutuhkan proses. Anak baru saja belajar mengenai dunia yang ada sehingga ia membutuhkan banyak dukungan anda untuk mengatasi ketakutannya akan hal yang belum ia ketahui.

0 Response to "Mengatasi Anak Yang Takut Suara Petir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel