Cara Melihat Mac Address Akses Point Ubiquiti (UBNT)

Setiap perangkat jaringan pasti mempunyai mac address sebagai alamat identifikasi tak terkecuali pada akses point Power Beam M5 400. Jujur di sini Saya bukan maniak jaringan cuma belajar dikit demi-sedikit akhirnya paham.

Ide penulisan artikel ini bermula ketika akses point yang Saya beli sendiri diganti oleh provider internet berwatak maling. Ceritanya ketika Saya tinggal ke Jogyakarta dalam perjalanan dinas tiba-tiba orang tersebut datang ke rumah.

Kebetulan yang dirumah cuma istri dan anak, sebenarnya orang tersebut sudah ngomong kalau alatnya diganti tetapi istri kurang paham apa alatnya kemudian dijawab iya. Betapa kagetnya sepulang dari Jogya pas melihat ke atas tower ternyata Power Beam M5 400 diganti Lite Beam M5 yang secara harga bedanya 2 kali lipat.

Daya tahan dan kemampuan menangkap sinyal wifi juga lebih kuat dari Lite Beam M5. Alasan kenapa diganti katanya sih rusak, tapi ini kan pernyataan sepihak. Mau tidak mau Saya suruh mengembalikan alatnya.

Kebetulan di rumah masih tersimpan box radio akses pointnya, jadi untuk mencocokan alatnya diganti dengan menyamakan mac address yang tertera pada radionya. Bila Anda pernah mengalami hal yang sama berikut ini akan dijelaskan cara melihat mac address akses point dari box dan radionya.

Cara Mengetahui Mac Address Akses Point Dari Kemasan/ Box dan Radio

Perhatikan contoh kemasan radio akses point Power Beam M5 400 milik Saya berikut ini. Urutan mac addressnya yang diberi tanda kuning di bawah barcode (K) FCED ....

Selanjutnya Anda bisa melihat mac addressnya pada radio akses pointya. buka tutup horn belakang maka muncul mac addressnya seperti pada gambar berikut ini.
Maaf gambarnya kurang jelasnya, kamera hape murahan hehe

Yak demikianlah informasi cara melihat, cara mengetahui mac address akses point Power Beam M5 400. Kalau dikaji lebih jauh mac address dapat diketahui dari box, radio, dan perangkat lunaknya berupa airOS.

0 Response to "Cara Melihat Mac Address Akses Point Ubiquiti (UBNT)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel