Blog Dikuasai Media, YouTube Direbut Artis


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh halo sahabat Blogger dan YouTuber di seluruh Nusantara, bagaimana kabar kalian? masih sanggup bertahan atau sudah menyerah dengan pahitnya dunia. Bagi yang bertahan berarti kalian memang orang yang ulet, teguh, dan punya harapan kalau blog dan YouTube bisa mendatangkan berkah seperti pada masa kejayaannya.

Artikel ini merupakan curhatan admin INDOAMATERASU dan teman-teman seperjuangan lainnya susahnya mendapatkan penghasilan dari internet karena masuknya media dan artis. Secara mereka mempunyai sumber tak terbatas yang mampu melakukan semuanya seperti membeli artikel, menyewa penulis yang ahli SEO, dan memanfaatkan ketenaran artis untuk membuat channel YouTube yang dalam sebulan sudah mendapatkan 100 subscribe. Lalu bagaimana nasib Blogger dan YouTuber tak terkenal yang membangun dari enol tiba-tiba kalah dengan media dan artis.

Sebelum media dan artis ikut campur dalam bisnis ini dulunya banyak Blogger dan YouTuber sukses, namun sejak tahun 2015 ke atas dikit-demi sedikit Blogger kampungan mulai ditentang mesin pencari dan YouTuber subscribernya stagnan. Forum publisher seperti ADS.ID dan forum AdSense Screet Indonesia juga sepi karena Blogger dan YouTuber pada menyerah.

Sekarang tidak pernah dijumpai lagi artikel tentang tips trik Blogger karena tidak laku di pencarian Google. Tayangan YouTube seperti tutorial juga sepi penonton karena sekarang lebih suka melihat artis ngevlog. Bayangkan saja artis ngrekam dirinya baru bangun tidur saja sudah mendapatkan pemasukan, lha kita?

Adilkah semua ini? ya pastinya sangat adil namun kenapa 2 lahan ini media dan artis ikut-ikutan di dalamnya, apa mereka kekurangan sumber pendapatan? tentunya Iya. Sebagai publisher Google AdSense mempertahankan setiap bulan gajian saja sekarang susahnya minta ampun, padahal mempunyai lebih dari 1 blog.

Belum lagi menjelang natal dan pergantian tahun baru membuat CPC rendah yang berujung tidak ada harganya sebuah klik, dan harus menunggu beberapa bulan lagi baru bisa gajian dari Google AdSense. Sekarang silahkan cari apa saja di Google, pasti mengarahnya ke salah satu media besar di Indonesia.

Mau mencari artikel wisata tutorial, pendidikan, semua dijawab oleh media. Hal seperti inilah yang membuat Blogger kampungan mundur kalah bertahan dengan media. Begitu dengan YouTube, yang trending hanyalah para artis dan channel YouTube miliknya media.

Google telah mengupdate algoritma mesin pencari secara terus menerus namun yang untung tetap media dan artis, tidak ada keberpihakan pada Blogger dan YouTuber kampungan. Masa keemasan Blogger mulai awal 2010 hingga 2015, setelah itu tergeser oleh media.

Mengantisipasi hal ini sebenarnya teman-teman publisher mulai beralih ke AdMob namun tidak semuanya bisa bikin aplikasi Android yang bisa dipasangi iklan AdSense. Mereka yang punya sumber tak terbatas bisa membeli developer untuk membuatkan aplikasi Android.

Simpulan dari tulisan ini adalah bentuk keputus asaan INDOAMATERASU yang kalah bersaing dengan media dan mencoba bangkit meskipun itu mustahil. Kalau sudah begini kembali ke awal tujuan bikin blog dan channel YouTube untuk apa? tidak lain untuk menyalurkan hobi menulis yang mudah-mudahan salah satunya bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel