Menanam Buah-Buahan Adalah Hobi Baru Selain Ngeblog

Menanam Buah-Buahan

Bercocok tanam adalah hobi baru Saya selain ngeblog karena dengan melihat hijaunya daun bisa membuat otak jadi segar dan ide baru muncul untuk menulis artikel. Ide bercocok tanam ini muncul ketika melihat harga buah yang cukup mahal di beberapa pasar dan supermarket.

Inginnya hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan setiap hari namun untuk orang yang berpenghasilan tidak tetap seperti Saya rasanya sulit terwujud. Dari situ akhirnya berkeinginan untuk menanam segala jenis buah-buahan supaya bisa panen setiap hari di kemudian hari.

Buah-buahan yang Saya tanam harus bisa berbuah sepanjang musim, untuk itu pemilihan bibit sangatlah penting. Saya harus mengidentifikasi jenis tanaman buah yang bisa berbuah sepanjang musim dan musim apa bisa berbuah.

Misalnya mangga berbuah pada awal tahun kemudian rambutan di tengah-tengah tahun maka harus mengombinasikan beberapa jenis tanaman buah yang setiap bulannya berbuah. Pemilihan bibit Saya mulai dari beli online hingga membelinya di pasar bibit.


Layaknya seperti manusia supaya cepat berbuah maka perlakuannya juga harus baik. Pengairan dan pemberian pupuk juga harus rajin dilakukan supaya lebat daunnya dan lebat buahnya.

Jenis tanaman buah yang ada dikebun Saya hingga saat ini adalah pisang cavendis (pisang ambon yang dijual di supermarket), aneka pohon mangga (kiojay, chokanan, dan irwin), kelengkeng, jambu madu deli, jambu hijau, jambu citra, dan jambu kristal.

Maklum masih sedikit karena baru mulai bercocok tanam, harapannya seluruh pekarangan rumah penuh dengan buah-buahan. Tanamnya ada yang ditanam di dalam pot (tabulampot) dan ada yang di tanah langsung.

Biaya yang dibutuhkan untuk memiliki tanaman buah ternyata tidak sedikit, paling tidak untuk membeli bibit harus merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah. Tetapi tidak apa-apa, namanya investasi pasti panen dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel