5 Tahun Ngbelog Baru Kali Ini Tidak Bisa Gajian Rutin


Saya mulai ngeblog sejak tahun 2010 namun sebagai penayang iklan (publisher) Google AdSense baru pada tahun 2015 yang lalu. Hingga ditulisnya artikel ini tahun 2020, sudah 5 tahun sebagai publisher.

Alhamdullilah biaya bulanan Saya tercukupi dari blog ini dan bisa gajian rutin setiap bulan. Namun sejak Covid 19 menyerang dunia baru kali ini tidak bisa gajian rutin setiap bulan. Untuk mengumpulkan $100, Saya harus menunggu 2 bulan.

Covid 19 membuat perekonomian dunia morat-marit, tak terkecuali di Indonesia. Google sendiri memberikan notifikasi bahwa banyak karyawannya yang dikerjakan dari rumah (Work from Home) sehingga layanan Google sedikit terganggu.

Para pengiklan juga menurun, mungkin terkena dampak dari Covid 19. Menginjak bulan puasa hingga lebaran biasanya marketplace beriklan pada Google secara gila-gilaan namun sekarang mlempem.

Iklan Matahari Mall yang selalu menghiasi halaman blog dan YouTube tidak tampak sekali, artinya mungkin tidak beriklan. Daya beli masyarakat menjelang lebaran juga menurun karena sulitnya mencari uang di masa Covid 19.

Toko pakaian yang biasanya ramai, jadi sepi layaknya kuburan. Meskipun ada yang kuat beli dipastikan dia mempunyai pendapatan tetap, beda dengan Saya yang menggantungkan pendapatan dari Google AdSense.

Meskipun begitu harus disyukuri karena di luar sana masih banyak yang kekurangan lebih dari Saya. Karena situasi inilah jajan lebaran yang seharusnya bisa memenuhi meja tamu kini tinggal 2 toples saja yaitu rengginang dan Wafer.

Yang biasanya bisa membelikan baju lebaran untuk anak, istri, dan orangtua, kini beli celana dalam saja tidak bisa. Bukannya tidak bisa tapi uangnya dialokasikan pada kebutuhan lain yang sifatnya harus terpenuhi sepeti makan, listrik, dan biaya internet.

Ayolah Covid 19 segera pergi, Saya merindukan situasi seperti dulu dimana semuanya normal dan perekonomian juga baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel