Cara Membuat Media Tanam Sekam Bakar


Membuat Sekam Bakar Sebagai Media Tanam

Sekam atau kulit padi yang sudah digiling ternyata banyak sekali manfaatnya diantaranya adalah sebagai media tanam (metan) dan katul (pakan ayam). Sekam banyak sekali dipakai petani untuk menanam sayur dan buah-buahan karena terbukti sangat subur jika dibandingkan menggunakan tanah.

Untuk mendapatkan sekam bisa datang langsung ke penggilingan padi, untuk 1 karung biasanya dihargai 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Terkadang malah gratis asalkan mau ambil sendiri untuk dimasukkan ke dalam karung.

Sekam sebagai campuran media tanam dengan tanah. Perbandingan penggunaannya adalah 1:2 atau 1:1 malah lebih bagus. Bisa dipakai secara langsung mentahan atau dibakar, namun lebih baik dibakar untuk menghilangkan jamur yang bisa menyebabkan kerusakan pada perakaran.

Cara membuat sekam bakar ini mudah sekali, Saya akan mengajarkannya secara tradisional dengan menggunakan sepet (serabut/ kulit kelapa). Sifatnya yang membara menjadi arang cocok sekali dikombinasikan dengan sekam.


Cara Membuat Sekam Bakar Menggunakan Sepet

  1. Tuangkan sekam mentah ke tanah, buat gundukan seperti gunung
  2. Buat cekungan di tengah gundukan tersebut sebagai tempat untuk meletakkan sepet yang dibakar
  3. Bakar sepet hingga membara menjadi arang kemudian taruh di cekungan tadi
  4. Tutup cekungan tadi dengan sekam, tipis-tipis saja
  5. Tunggu hingga semuanya menjadi arang
  6. Setelah 70% jadi arah, aduk sekam dengan tongkat/ kayu supaya tidak jadi abu
  7. Siram dengan air hingga benar-benar padam
  8. Simpan di dalam karung, sekam bakar siap digunakan.


Menggunakan Sekam Bakar Sebagai Campuran Media Tanam

Semua tanaman yang di tanam di dalam pot/ polybag membutuhkan pupuk kompos untuk mengembalikan pada kealamian tanah. Campur sekam bakar dengan kompos dan tanah perbandingan yang terbaik adalah 1:1:1.

Sekam bakar memiliki kandungan SiO2 52% dan unsur C 31% serta komposisi lainnya seperti Fe203, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu yang bagus untuk kesuburan tanaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel