Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cakar Ayam Melanggar Batas Tanah

Menghadapi calon tetangga yang membangun rumah baru tanpa mengenal batas tanah memang bikin greget. Sebenarnya mereka tahu kalau yang dibagun melebihi batas, namun namanya tamak batas tanah orang lain dibabat juga.

Cerita ini dialami sendiri oleh admin yang tanahnya digunakan untuk menanam pondasi cakar ayam milik calon tetangga. Seharunya menyesuaikan diri mundur setengah meter, bukan dibangun press batas tanah. Alhasil cakar ayam besinya masuk ke tanah admin.

Sebenarnya admin telah mengingatkan sebanyak 4 kali namun tetap ngeyel, akhirnya agak tegas sedikit pada pembicaraan yang ke-5 kalinya kalau tetap melebihi batas maka kasusnya dinaikkan ke pengadilan.

Akhirnya calon tetangga baru tersebut mau merubah posisi cakar ayam di tanahnya sendiri. Kebanyakan pelanggaran batas ada dibagian bawah dan atas. Nanti setelah rumahnya jadi tinggal melihat batas atasnya melanggar batas atau tidak.

Hukum batas tanah adalah turun ke bumi dan naik lurus ke atas (langit). Apapun pelanggarannya kalau ada yang melanggar maka bisa diseret ke pengadilan. Namun sebelum itu lakukan mediasi dulu dengan pihak tersebut. Meskipun dirugikan mempunyai inisiatif mediasi lebih bagus daripada menggerutu di kemudian hari.

Silahkan lihat foto-foto cakar ayam berikut ini, kemudian simpulkan? melanggar batas bukan?

Bagunan melanggar batas
Bagunan melanggar batas
 
Cakar ayam masuk ke pekarangan orang lain 
Cakar ayam masuk ke pekarangan orang lain 
 
Cakar ayam masuk batas orang lain
Cakar ayam masuk batas orang lain

Post a Comment for "Cakar Ayam Melanggar Batas Tanah"